Skip to main content

Komposisi, Pertumbuhan, dan Kualitas Penduduk Materi Kelas 7

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
dan salam sejahtera buat semuanya.

Kembali Admin memposting perangkat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang dulunya dikenal dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tema yang dibahas dalam LKPD kali ini adalah "Komposisi, Pertumbuhan, dan Kualitas Penduduk" materi IPS kelas 7 semester ganjil.

Seandainya penyusunan LKPD ini rampung pada semua materi, maka dapat dijilid sebagai buku LKPD persemesternya. Admin mengharapkan saran dari rekan-rekan guru semuanya sebagai penyempurnaan terhadap kekurangan yang ada pada form LKPD ini.

Sebagai petunjuk dalam penggunaan LKPD ini, guru membagikan LKPD kepada peserta didik/kelompok diskusi hanya pada LK bagian A s/d E, setelah tugas selesai dikerjakan kelompok menyerahkan kembali lembaran bagian E untuk dinilai sedangkan guru memegang LK bagian F untuk penilaian.

Baiklah, silahkan dibaca terlebih dahulu gambaran LKPD berikut sebelum didownload dokumennya.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

    3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
    • Menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut usia
    • Menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut jenis klamin
    • Menjelaskan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia
    • Menjelaskan kualitas penduduk Indonesia
    4.1 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma, serta kelembagaan social budaya.
    • Menyajikan hasil analisis tentang komposisi, pertumbuhan, dan kualitas penduduk dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya.

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut usia;
  2. Peserta didik dapat menjelaskan komposisi penduduk Indonesia menurut jenis klamin;
  3. Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia;
  4. Peserta didik dapat menjelaskan kualitas penduduk Indonesia.

D. Langkah-Langkah Kegiatan

  • Pelajari materi di buku paket IPS kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2016 hal 41-45!
  • Pelajari juga informasi pada buku paket GALERI PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU Untuk SMP/MTs Kelas VIII hal 25-39!
  • Diskusikanlah bersama anggota kelompok kalian mengenai pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
  • 1. Perhatikanlah tabel komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis klamin di wilayah Y tahun 2016 berikut ini!
    Kelompok UsiaPenduduk (Jiwa)
    Laki-LakiPerempuanJumlah
    0 - 4307.744290.516598.260
    5 - 9301.844294.056595.900
    10 - 14257.122262.668519.790
    15 - 19204.966228.566433.532
    20 - 24136.526225.970362.496
    25 - 29144.196247.210391.406
    30 - 34143.724239.894383.618
    35 - 39145.966222.784368.750
    40 - 44144.550194.700339.250
    45 - 49122.248158.238280.486
    50 - 54109.976140.892250.868
    55 - 5997.350114.224211.574
    60 - 6482.01089.680171.690
    65 - 6949.32454.162103.486
    70 - 7438.35040.35678.706
    75+34.81040.59275.402
    Jumlah2.320.7062.844.5085.165.214

      Berdasarkan data di atas:
      1) Gambarkan piramida penduduk dengan menggunakan diagram batang horizontal!
      2) Jelaskan bentuk dan makna piramida penduduk yang telah digambar tersebut!
      3) Hitunglah besar angka beban ketergantungan pada wilayah tersebut!
      4) Bagaimanakah tingkat kesejahteraan penduduk pada wilayah tersebut?
      5) Hitunglah besar rasio jenis klamin !

    Anda ingin tahu rasio ketergantungan dan rasio jenis kelamin tiap propinsi di Indonesia? Tonton penjelasannya dalam video berikut:

    I. Mengenal Rasio Ketergantungan Tiap Provinsi Tahun 2015 | Dinamika Kependudukan Indonesia

    dan, II. Mengenal Rasio Jenis Kelamin (Sex Ratio) Tiap Provinsi di Indonesia | Dinamika Penduduk

    2. Perhatikan angka kelahiran, kematian, dan migrasi pada wilayah Y tahun 2017!

    Jumlah Penduduk Tahun 2016KelahiranKematianImigrasiEmigrasi
    Laki-Laki2.320.70631.5068.4968.1426.844
    Perempuan2.844.50827.4946.84419.35228.202
    Jumlah5.165.21459.00015.34027.49435.046

      Berdasarkan data di atas:
      1) Hitunglah Jumlah dan persentase/tingkat pertumbuhan penduduk baik alami, migrasi, maupun total!
      2) Bagaiamanakah tingkat pertumbuhan penduduk wilayah Y?
      Jika luas wilayah Y adalah 44,25 km2, berapakah besar kepadatan penduduknya?

    3. Apa dampak dari pertumbuhan penduduk yang cepat?

    4. Sebutkan indikator-indikator yang dipakai untuk mengukur kualitas penduduk!

    5. Apa langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas penduduk?

E. Lembar Jawaban Peserta Didik

  1. Perhatikanlah tabel komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis klamin di wilayah Y tahun 2016 berikut ini!
  2. ...........................................................................................................................
  3. Perhatikan angka kelahiran, kematian, dan migrasi pada wilayah Y tahun 2017!
  4. ...........................................................................................................................
  5. Apa dampak dari pertumbuhan penduduk yang cepat?
  6. ...........................................................................................................................
  7. Sebutkan indikator-indikator yang dipakai untuk mengukur kualitas penduduk!
  8. ...........................................................................................................................
  9. Apa langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas penduduk?
  10. ...........................................................................................................................

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian

  • Sikap : Observasi/jurnal
  • Pengetahuan : Tes Tulis, Penugasan
  • Keterampilan : Non tes yaitu yaitu menggunakan lembar observasi pada kegiatan diskusi

2. Instrumen Penilaian

  • Sikap
  • Aspek sikap yang diamati pada pembahasan materi komposisi, pertumbuhan, dan kualitas penduduk ini adalah pada sikap spiritual mengamati aspek ketaqwaan sedangkan pada sikap sosial mengamati aspek disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri.

    Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
    Indikator aspek ketaqwaan:

    1. Sangat baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, bersyukur ketika berhasil mengerjakan tugas kelompok, dan bersyukur kepada TYME sebagai bangsa Indonesia
    2. Baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, bersyukur ketika berhasil mengerjakan tugas kelompok, dan bersyukur kepada TYME sebagai bangsa Indonesia
    3. Kurang baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, bersyukur ketika berhasil mengerjakan tugas kelompok, dan bersyukur kepada TYME sebagai bangsa Indonesia.
    Indikator aspek disiplin:
    1. Sangat baik dalam sikap patuh pada tata tertib atau aturan dan mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan, mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
    2. Baik dalam sikap patuh pada tata tertib atau aturan dan mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan, mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
    3. Kurang baik dalam sikap patuh pada tata tertib atau aturan dan mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan, mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar.
    Indikator aspek tanggung jawab:
    1. Sangat baik dalam sikap melaksanakan tugas kelompok dengan baik serta melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
    2. Baik dalam sikap melaksanakan tugas kelompok dengan baik serta melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
    3. Kurang baik dalam sikap melaksanakan tugas kelompok dengan baik serta melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
    Indikator aspek percaya diri:
    1. Sangat baik dalam sikap berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa raguragu dan berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
    2. Baik dalam sikap berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa raguragu dan berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
    3. Kurang baik dalam sikap berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa raguragu dan berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.

    Lembar Observasi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

  • Pengetahuan
    1) Rubrik Penilaian Pengetahuan

    1. Jawaban
    1) Gambar piramida penduduk wilayah Y

    2) Gambar di atas merupakan bentuk piramida penduduk muda (Expansive) dimana bagian bawahnya besar, makin ke puncak makin sempit, sehingga berbentuk limas. Hal itu menggambarkan bahwa penduduk dalam keadaan tumbuh, jumlah kelahiran lebih besar daripada jumlah kematian.

    3) Besar angka beban ketergantungan pada wilayah Y adalah:

      Diketahui:
      • Jumlah penduduk non produktif (usia di bawah 15 th dan 65 th ke atas) =1.971.544 jiwa
      • Jumlah penduduk produktif (usia 15 - 64 th) = 3.193.670 jiwa
      Penyelesaian:
      Rumus untuk menghitung angka beban ketergantungan adalah:
      <=> (Jumlah usia nonproduktif / Jumlah usia nonproduktif) x 100
      <=> (1.971.544/3.193.670) x 100
      <=> 61,73% dibulatkan menjadi 62%
      Angka beban ketergantungan sebesar 62, artinya setiap 100 penduduk usia produktif menanggung 62 orang usia nonproduktif.

    4) Berdasarkan persentase angka beban ketergantungan pada wilayah "Y" yang mencapai 62% maka dapat dijelaskan bahwa tingkat kesejahteraan penduduk di wilayah "Y" masih rendah karena masih terdapat banyaknya penduduk nonproduktif yang harus ditanggung oleh penduduk usia produktif.

    5) Besar angka perbandingan jenis klamin pada wilayah Y adalah:

      Diketahui:
      • Jumlah penduduk laki-laki = 2.320.706 jiwa
      • Jumlah penduduk perempuan = 2.844.508 jiwa
      Penyelesaian:
      Rumus menghitung rasio jenis klamin adalah:
      <=> (Jumlah penduduk laki-laki / Jumlah penduduk perempuan) x 100
      <=> (2.320.706/2.844.508) x 100
      <=> 81,59% dibulatkan menjadi 82%
      Artinya, pada setiap 100 penduduk perempuan terdapat 82 orang penduduk laki-laki.

    Skor 12, dengan bobot nilai 48.

    Baca juga: TTS Materi Dinamika Kependudukan Indonesia Kelas 7

    2. Jawaban
    1) Angka dan persentase pertumbuhan penduduk wilayah Y yaitu:
    Diketahui:
    Jumlah penduduk tahun dasar (P0) = 5.165.214
    Jumlah kelahiran (L) = 59.000
    Jumlah kematian (M) = 15.340
    Jumlah imigrasi (I) = 27.494
    Jumlah emigrasi (E) = 35.046
    Penyelesaian:

      Angka pertumbuhan penduduk total, rumusnya:
      Angka pertumbuhan penduduk total tahun t (Pt) = (L - M) + (I - M)
      <=> Pt = (59.000 - 15.340) + (27.494 – 35.046)
      <=> Pt = 43.660 + (-7.552)
      <=> Pt = 36.108
      Persentase pertumbuhan penduduk total, rumusnya:
      %Pt = {((L - M) + (I - M))/P0} x 100
      <=> %Pt = {((59.000 - 15.340) + (27.494 – 35.046))/5.165.214} x 100
      <=> %Pt = {43.660 + (-7.552))/5.165.214} x 100
      <=> %Pt = {36.108/5.165.214} x 100
      <=> %Pt = 0.007 x 100
      <=> Pt = 0.7%

      Tingkat pertumbuhan penduduk di wilayah Y sebesar 0,7%.

    2) Dengan angka pertumbuhan penduduk sebesar 0,7% berarti laju pertumbuhan penduduknya di wilayah Y tergolong lambat yaitu pada angka di bawah 1%.
    3) Menghitung besar kepadatan penduduk wilayah Y tahun 2017.
      Rumus kepadatan penduduk aritmatika adalah:
      = Jumlah penduduk tahun t / Luas wilayah (km2)
      = 5.201.322 jiwa / 44,25 km2
      = 117.544 jiwa/ km2

    Skor 9, dengan bobot nilai 36.

    3. Dampak dari pertumbuhan penduduk yang cepat:
    a. Tingginya angka pengangguran;
    b. Persebaran penduduk tidak merata;
    c. Komposisi penduduk kurang menguntungkan karena banyaknya penduduk usia muda yang belum produktif sehingga beban ketergantungan tinggi;
    d. Arus urbanisasi tinggi, sebab kota lebih banyak menyediakan lapangan kerja;
    e. Menurunnya kualitas dan tingkat kesejahteraan penduduk.

    Skor 1, dengan bobot nilai 4.

    4. Indikator-indikator yang dipakai dalam mengukur kualitas penduduk, yaitu:
    a. Tingkat pendidikan;
    b. Tingkat kesehatan;
    c. Mata pencaharian.

    Skor 1, dengan bobot nilai 4.

    5. Langkah-langkah yang harus dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas penduduk antara lain:
    a. Dalam bidang pendidikan, memberikan program beasiswa, program wajib belajar, bantuan operasional sekolah (BOS), dll.
    b. Dalam bidang kesehatan, peningkatan gizi masyarakat, pelaksanaan imunisasi, penambahan fasilitas kesehatan, penambahan tenaga medis, penyuluhan-penyuluhan tentang pentingnya kesehatan, dll.
    c. Dalam bidang pekerjaan, meningkatkan kesempatan kerja bagi tenaga kerja, program transmigrasi, program penyuluhan dan pembekalan keterampilan, menekan urbanisasi dengan pemerataan pembangunan, dll.

    Skor 2, dengan bobot nilai 8.

    Total Skor 25, dengan bobot nilai 100.

    2) Lembar Analisis Penilaian Pengetahuan

  • Keterampilan

    1) Penilaian Kinerja Diskusi
    Dilaksanakan pada saat proses pembelajaran menganalisis komposisi, pertumbuhan, dan kualitas penduduk.

    2) Rubrik Penilaian Kinerja Diskusi
    Indikator aspek kerjasama dalam kegiatan kelompok:

    1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
    2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten
    3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten
    4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
    Indikator aspek inisiatif dalam pembelajaran:
    1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ada inisiatif dalam pembelajaran
    2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit inisiatif dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
    3. Baik jika menunjukkan sudah ada inisiatif dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
    4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada inisiatif dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
    Indikator aspek gagasan dalam kegiatan kelompok:
    1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ada gagasan dalam kegiatan kelompok
    2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha memberikan gagasan dalam kegiatan kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
    3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha memeberikan gagasan dalam kegiatan kelompok tetapi belum ajeg/konsisten
    4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha memberikan gagasan dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
    Indikator aspek keaktifan dalam pembelajaran:
    1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
    2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
    3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
    4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
    (Sumber: www.mysyarifah.my.id)

    3) Lembar Observasi Penilaian Kinerja Diskusi

Download perangkat LKPD materi Komposisi, Pertumbuhan, dan Kualitas Penduduk berikut:
Di sini

Akhirnya, dengan keterbatasan dan kekurangan Admin dalam penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini, kritik dan saran dari rekan guru sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan LKPD ini ke depannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar