Skip to main content

Membuat TTS Materi Perdagangan Bebas Kelas 9

Pada kesempatan kali ini kembali Admin akan berbagi contoh instrumen penilaian berupa pembuatan dan pengisian teka-teki silang (TTS). Materi TTS kali ini adalah tentang perdagangan bebas pada mapel IPS Kelas 9 semester genap.

Guru memberikan tugas individu kepada peserta didik untuk membuat teka-teki silang (TTS) baru setelah menyelesaikan proses pembelajaran tentang perdagangan bebas. Tujuan dilaksanakan tugas ini adalah untuk menguji hingga memperkuat tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap konsep perdagangan bebas.

Langsung saja berikut contoh form pembuatan TTS yang ingin Admin bagikan.

A. Contoh Kotak Isian Teka Teki Silang (TTS) Materi Perdagangan Bebas

I. Mendatar

    Berikut ini adalah pertanyaan mendatar:
    1. Lokasi pertemuan tempat penunjukan Paul Henry Spaak sebagai ketua komite untuk menyusun laporan kemungkinan kerja sama ke semua bidang ekonomi antarnegara Eropa
    4. Nama organisasi perdagangan bebas antarnegara anggota ASEAN
    6. Bebas
    8. Nama organisasi perdagangan bebas di Asia Pasifik
    10. Singkatan untuk penggunaan satu jenis mata uang oleh masyarakat Eropa
    11. Asal negara Bob Hawke pencetus terbentuknya organisasi APEC
    15. Berkaitan dengan bangsa atau negara seluruh dunia
    17. Suatu bentuk perjanjian dalam bahasa asing
    20. Sebuah istilah yang disebutkan terhadap adanya pembatasan pada kegiatan ekspor dan impor
    22. Nama organisasi perdagangan bebas antar negara-negara di dunia
    23. Pengecualian terhadap jenis produk-produk tertentu untuk dimasukkan ke dalam perdagangan bebas
    24. Nama kawasan salah satu organisasi perdagangan bebas

II. Menurun

Baca juga:

  • Tes Online PH 1 IPS Kelas 9 Semester Genap
  • Latihan Soal Online IPS Terpadu Kelas 9 PH 2 Semester Genap
    • Berikut ini adalah pertanyaan menurun:
      1. Nama organisasi perdagangan bebas di Wilayah Regional Eropa
      2. Lokasi pidato Perdana Menteri Bob Hawke sang pencetus terbentuknya organisasi APEC
      3. Perdagangan
      4. Nama ibukota di sebuah provinsi negara Belanda tempat lahirnya Uni Eropa
      5. Organisasi perdagangan bebas yang dibentuk pada waktu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-4 di Singapura
      7. Negara yang melakukan pengiriman barang ke luar negeri
      9. Salah satu alat pembayaran internasional
      12. Salah satu negara yang diharapkan bisa bergabung dalam Uni Eropa
      13. Kegiatan memasukkan barang/jasa dari luar negeri
      14. Asal negara Paul Henry Spaak ketua komite penyusun laporan kemungkinan kerja sama ke semua bidang ekonomi antarnegara Eropa
      16. Negara sosialis penganut sistem ekonomi komunis tertutup yang mulai membuka diri ikut membentuk organisasi APEC
      17. Negara yang ditangguhkan keanggotaannya dalam Uni Eropa
      18. Mata uang salah satu negara anggota organiasasi APEC
      19. Salah satu negara anggota Uni Eropa yang baru kemudian bergabung
      21. (....... - ASEAN Trade) memiliki arti meningkatkan perdagangan antarnegara anggota ASEAN sendiri
      23. Singkatan untuk penggunaan satu jenis mata uang oleh masyarakat Eropa

    Download Kunci Jawaban TTS ini pada postingan berikut:
    Unduh Kumpulan Kisi-Kisi Soal Penilaian IPS Kelas 9

    Kembali ke postingan :
    Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.

    B. Pedoman Penskoran Hasil Pembuatan Teka Teki Silang Materi Perdagangan Bebas

      Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pembuatan TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
      Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 28 kunci jawaban masing-masing 12 kunci jawaban soal mendatar dan 16 kunci jawaban soal menurun maka skornya adalah 28. Oleh karena itu rumus menghitung nilai peserta didik menjadi:
      Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 28 ) x 100

    Demikian teman-teman contoh TTS materi perdagangan bebas kelas 9. Mudah-mudahan dengan instrumen penilaian ini peserta didik dapat memperkuat pengetahuan dan pemahaman mereka mengenai perdagangan bebas. Akhirnya semoga bermanfaat dan terima kasih.

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar