Skip to main content

LKPD Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas 8

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
dan salam sejahtera buat semuanya.
Perangkat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang akan Admin bagikan pada kesempatan kali ini adalah membahas tentang "Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial" materi IPS kelas 8. LKPD ini dibuat berfungsi sebagai penuntun peserta didik dalam belajar. Dan pada postingan LKPD kali ini Admin menggunakan pengatus grafis "Berpikir-Berpasangan-Berbagi" atau "Think-Pair-Share".

Sama dengan postingan-postingan sebelumnya, di dalam sebuah LKPD berisi antara lain identitas, petunjuk belajar, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, lembar kerja, dan penilaian. Perangkat LKPD akan dibagikan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok kecuali pada lembar penilaian dipegang oleh guru.

Sebagai gambaran singkat mengenai isi daripada LKPD ini, Admin akan memaparkan sebagiannya yaitu pada tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, serta penilaian.

I. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik diharapkan dapat mengklasifikasi bentuk-bentuk mobilitas sosial dengan benar;
  2. Peserta didik diharapkan dapat menentukan upaya antisipasi agar seseorang yang telah mengalami kesuksesan tidak mengalami social sinking secara tepat;
  3. Peserta didik dapat menentukan langah-langkah agar setiap individu dapat mengalami social climbing secara tepat.

II. Langkah-Langkah Kegiatan

Melalui strategi Berpikir-Berpasangan-Berbagi peserta didik akan melaksanakan tahapan berikut:

  • Berpikir: Peserta didik berpikir secara mandiri dan individu tentang pertanyaan yang diberikan, dan mencoba membangun ide atau gagasan sendiri.
  • Berpasangan: Peserta didik mendiskusikan gagasan masing-masing secara berpasangan.
  • Berbagi: Tiap pasangan membagikan gagasan mereka dengan kelompok yang lebih besar, misalnya di depan kelas.
  1. Peserta didik membentuk kelompok secara berpasangan!
  2. Bacalah kasus 1, kasus 2, dan kasus 3 yang ada di dalam buku paket IPS kelas 8 revisi 2017 hal. 84-85!
  3. Kemudian pasangan dalam kelompok tadi mengisi tabel yang tersedia!

III. Kunci Jawaban

Isilah tabel yang tersedia berikut ini!

PERTANYAAN
ATAU ISU
APA YANG
SAYA
PIKIRKAN
APA YANG
DIPIKIRKAN
TEMAN SAYA
APA YANG
AKAN KAMI
BAGIKAN DIKELAS
Apa bentuk mobilitas sosial yang terjadi pada kasus 1, kasus 2, dan kasus 3?Jawaban peserta didikJawaban teman peserta didikKesimpulan jawaban peserta didik dan temannya

Alternatif Jawaban
Pada kasus 1 dan kasus 2 terjadi mobilitas sosial vertical.

Pada kasus 3 merupakan contoh mobilitas sosial horizontal

Apa perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal?Jawaban peserta didikJawaban teman peserta didikKesimpulan jawaban peserta didik dan temannya

Alternatif Jawaban
Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan kedudukan seseorang atau kelompok dari suatu lapisan sosial ke lapisan sosial lain yang tidak sederajat.

Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan yang sederajat atau setara.

Tuliskan masing-masing 3 (tiga) contoh social climbing dan social sinking?Jawaban peserta didikJawaban teman peserta didikKesimpulan jawaban peserta didik dan temannya

Alternatif Jawaban
Tiga contoh social climbing:

  1. Seorang karyawan menjadi pimpinan cabang atau direktur;
  2. Seorang pemulung menjadi pengusaha daur ulang sampah;
  3. Meningkatkatnya taraf kesejahteraan rakyat akibat perubahan ekonomi suatu negara dari negara berkembang menjadi negara maju.
Tiga contoh social sinking:
  1. Seorang karyawan yang kehilangan pekerjaannya di sebuah perusahaan disebabkan tidak melaksanakan tugas dengan baik;
  2. Seorang pengusaha yang mengalami kebangkrutan disebabkan kesalahan dalam pengunaan dan pengelolaan uang;
  3. Seorang kaya raya yang memiliki gaya hidup mewah, boros, dan suka berfoya-foya dan akhirnya jatuh miskin.

Apa yang harus dilakukan seseorang yang telah mengalami kesuksesan supaya tidak mengalami social sinking?Jawaban peserta didikJawaban teman peserta didikKesimpulan jawaban peserta didik dan temannya

Alternatif Jawaban
Seseorang harus menyadari bahwa kehidupan ini ibarat roda yang berputar, manusia tidak selamanya menduduki jabatan yang tinggi. Karena itulah, manusia harus mampu menjaga dirinya dengan baik apabila telah memperoleh kedudukan yang lebih tinggi. Manusia harus sadar bahwa kedudukan tersebut merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik.

Bagaimana setiap individu dapat mencapai social climbing?Jawaban peserta didikJawaban teman peserta didikKesimpulan jawaban peserta didik dan temannya

Alternatif Jawaban
Orang yang merasa dirinya berada di lapisan paling bawah, tidak perlu berkecil hati, asalkan tetap berusaha dengan tekun. Sikap pantang menyerah merupakan kunci keberhasilan meraih cita-cita.

Silahkan Bapak/Ibu rekan guru IPS semuanya, download perangkat LKPD ini pada tautan berikut:
Di sini

Akhirnya, dengan keterbatasan dan kekurangan Admin dalam penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini, kritik dan saran dari rekan guru sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan LKPD ini ke depannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar