Skip to main content

RPP 1 Lembar Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kls 8

Kembali Admin akan berbagi perangkat RPP 1 lembar / halaman IPS kelas 8 buat rekan-rekan guru semua. Kali ini merupakan RPP terakhir sebagai alternatif perangkat pembelajaran pada pertemuan yang ke-27 dan ke-28 materi bab 4 tentang "Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan".

Sebelum diunduh silahkan dibaca terlebih dahulu uraian format RPP 1 Lembar / halaman IPS Kelas 8 semester genap berikut ini:

Identitas

Sekolah : SMP Negeri 1 Sakra Timur
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII ( delapan )/Genap
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (Pertemuan ke-27 s.d 28)
Sub Materi Pokok: Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan melalui model outdoor learning peserta didik mampu membuktikan berbagai benda peninggalan sejarah masa penjajahan; menganalisis perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan; menyajikan hasil kunjungan lokasi benda-benda peninggalan sejarah masa penjajahan; menampilkan sikap kerja keras, tanggung jawab, peduli, dan santun, serta rasa syukur.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

2.1 Pendahuluan (10 menit)

Guru mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi lanjut menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan teknik penilaian.

2.2 Kegiatan Inti (@ 40 menit)

Pertemuan ke-27

2.2.1 Menentukan Objek

  • Guru membantu siswa menyimak informasi dari buku tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, kemudian diminta mendiskusikan dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang memungkinkan untuk dicari buktinya di lingkungan sekitar tentang bukti-bukti perubahan kehidupan masyarakat pada masa penjajahan.
  • Dalam bimbingan guru, peserta didik menentukan lokasi yang akan dikunjungi dalam kegiatan outdoor learning. Apabila terdapat museum di sekitar lokasi, peserta didik dapat diajak ke museum. Apabila terdapat benda-benda peninggalan sejarah masa penjajahan lainnya, peserta didik dapat diajak ke lokasi peninggalan sejarah tersebut.

2.2.2 Merumuskan Pertanyaan

  • Peserta didik diminta mengidentifikasi perubahan-perubahan akibat penjajahan pada masa kolonial pada objek yang akan dikunjungi.
  • Pertanyaan disepakati di dalam kelas. Guru dapat membantu dengan memberikan lembar kerja yang digunakan pada saat pembelajaran di luar kelas.
  • (4Cs: Creativity Thinking an Innovation)

Pertemuan ke-28

2.2.3 Kunjungan ke Lokasi

  • Peserta didik melakukan penggalian informasi, mengumpulkan informasi/data untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan dari objek yang dikunjungi.

2.2.4 Asosiasi dan Refleksi

  • Peserta didik diminta mengolah dan menganalisis data atau informasi yang telah dikumpulkan kemudian menyajikannya dalam bentuk laporan.
  • Peserta didik secara berkelompok diberi tugas untuk merumuskan sikap berkaitan dengan objek sejarah yang telah dikunjungi.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)

2.3 Penutup (30 menit)

Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitan Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan, kemudian berdoa.

3. Penilaian

3.1 Sikap: Observasi/Jurnal;
3.2 Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
3.3 Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi, Proyek outdoor learning.

Lampiran Penilaian

Butir Soal:

  1. Sebutkan perubahan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan Belanda dalam aspek budaya!
  2. Jelaskan pengaruh penjajahan Belanda bagi Indonesia dalam aspek ilmu pengetahuan!
  3. Bagaimana pengaruh penjajahan Inggris dalam bidang ekonomi di Indonesia?
  4. Mengapa pada masa penjajahan Jepang bahasa Indonesia dikatakan mengalami perlakuan yang lebih baik dibandingkan pada masa penjajahan Belanda?
  5. Rumuskan bagaimana sikap masyarakat saat ini terhadap berbagai peninggalan sejarah pada masa penjajahan!

Unduh disini:
RPP 1 Lembar Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kls 8

Kembali ke: Download RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester Genap

Demikian tadi RPP 1 Lembar Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan Kls 8 untuk pertemuan ke-27 dan 28, semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar