Skip to main content

RPP 1 Lembar Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang IPS Kelas 8

Kembali Admin akan berbagi perangkat RPP 1 lembar / halaman IPS kelas 8 buat rekan-rekan guru semua. RPP kali ini merupakan alternatif perangkat pembelajaran pada pertemuan yang ke-25 dan ke-26 materi bab 4 tentang "Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan".

Sebelum diunduh silahkan dibaca terlebih dahulu uraian format RPP 1 Lembar / halaman IPS Kelas 8 semester genap berikut ini:

Identitas

Sekolah : SMP Negeri 1 Sakra Timur
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII ( delapan )/Genap
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (Pertemuan ke-25 s.d 26)
Sub Materi Pokok:
Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan melalui model problem based learning dan jigsaw peserta didik mampu menganalisis proses penguasaan Indonesia oleh Jepang; menganalisis kebijakan pemerintah militer Jepang; menganalisis sikap kaum pergerakan terhadap kebijakan Jepang; terampil melaksanakan diskusi dan presentasi tentang Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang; menampilkan sikap kerja keras, tanggung jawab, peduli, dan santun, serta rasa syukur.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

2.1 Pendahuluan (10 menit)
Guru mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi lanjut menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan teknik penilaian.

2.2 Kegiatan Inti (@ 40 menit)
Guru membantu siswa mengamati gambar berikut dengan memberikan informasi kondisi anak-anak tersebut dengan penderitaan pada masa penjajahan Jepang. Guru juga dapat menampilkan gambar lainnya yang merupakan peninggalan penjajah Jepang yang lain, misalnya lagu kimigayo, tentara Peta, dan benteng Jepang,
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan. Misalnya: Bagaimana proses kedatangan Jepang ke Indonesia? Bagaimana kebijakan pemerintah militer Jepang? Bagaimana pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang?. (4Cs: Creativity Thinking and Innovation)

Pertemuan ke-25
Peserta didik dalam kelompok masing-masing mengumpulkan data terkait Proses Penguasaan Indonesia, dan Kebijakan Pemerintah Militer Jepang.

Pertemuan ke-26
Peserta didik dalam kelompok masing-masing mengumpulkan data terkait Sikap Kaum Pergerakan.

Mempresentasikan hasil telaah kaitan Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)

2.3 Penutup (30 menit)
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitan Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang, kemudian berdoa.

3. Penilaian

3.1 Sikap: Observasi/Jurnal;
3.2 Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
3.3 Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi.

Lampiran Penilaian

Butir Soal:

    Pertemuan ke-25
  1. Apa yang mendorong pemerintah Jepang melakukan penjajahan di Indonesia?
  2. Bagaimana proses penguasaan Jepang terhadap wilayah Indonesia?
  3. Apa tujuan Jepang membentuk organisasi-organisasi sosial seperti Gerakan 3A, Putera, Jawa Hokokai, dan Masyumi?
  4. Jelaskan organisasi-organisasi semi militer bentukan Jepang?
  5. Apa yang dilakukan pemerintah militer Jepang sehingga menimbulkan penderitaan bagi rakyat Indonesia?

Butir Soal:

    Pertemuan ke-26
  1. Bagaimanakah sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang
  2. Siapa saja tokoh yang termasuk garis pergerakan bawah tanah?
  3. Bagaimana proses perlawanan rakyat Indonesia yang dilakukan PETA di Blitar dan Jawa?

Unduh disini: RPP 1 Lembar Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang IPS Kelas 8

Kembali ke: Download RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester Genap

Demikian tadi RPP 1 Lembar Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang IPS Kelas 8 untuk pertemuan ke-25 dan 26, semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar