Skip to main content

Contoh RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Materi Perdagangan Internasional

Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat RPP 1 lembar / halaman IPS kelas 9 buat rekan-rekan guru IPS semua. Pada pengembangan RPP tahun sebelumnya dengan materi yang sama, perangakt RPP ini memuat 20 lembar namun dengan format baru hanya memuat 4 lembar saja.

RPP kali ini merupakan alternatif perangkat pembelajaran untuk pertemuan yang pertama sampai dengan ketiga pada Bab 3 tentang "Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN".

Sebelum didownload silahkan dibaca terlebih dahulu uraian format RPP 1 Lembar / halaman IPS Kelas 9 semester genap berikut ini:

Identitas

Sekolah : SMP Negeri 1 Sakra Timur
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX ( Sembilan )/Genap
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (Pertemuan ke-1 s.d 3)
Sub Materi Pokok:
Perdagangan Internasional

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan melalui model problem based learning, discovery learning, dan two stay two stray peserta didik mampu menjelaskan konsep, faktor-faktor yang mempengaruhi, manfaat, dan hambatan perdagangan internasional; menganalisis upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional; menganalisis pengaruh (positif dan negatif) perdagangan Internasional bagi kehidupan Negara; menemukan manfaat yang dirasakan pelajar dari perdagangan internasional; menyajikan hasil analisis perdagangan internasional; menampilkan sikap kerja keras, tanggung jawab, peduli, dan santun, serta rasa syukur.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

2.1 Pendahuluan (10 menit)
Guru mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi lanjut menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian.

2.2 Kegiatan Inti (@ 40 menit)
Guru menyajikan masalah dan menstimulus peserta didik dengan menampilkan gambar atau tayangan video tentang perdagangan internasional.
Kemudian guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan di papan tulis. (4Cs: Creativity Thinking and Innovation)

Pertemuan ke-1
Melalui model two stay two stray peserta didik mengumpulkan dan mengolah data terkait konsep dan faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional dengan observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya kemudian mempresentasikan hasil observasi literasi di depan kelas.

Pertemuan ke-2
Mengumpulkan dan mengolah data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya terkait masalah manfaat, hambatan, dan upaya mengatasi dampak negatif perdagangan internasional kemudian mempresentasikan hasil observasi literasi di depan kelas.

Pertemuan ke-3
Menelaah data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya untuk menemukan pengaruh dan manfaat perdagangan internasional kemudian mempresentasikan hasil observasi di depan kelas.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)

2.3 Penutup (30 menit)
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitan perdagangan internasional, melaksanakan post test dan menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan berdoa.

3. Penilaian

3.1 Sikap: Observasi/Jurnal;
3.2 Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
3.3 Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi.

Lampiran Instrumen Penilaian:

  1. Jelaskan yang dimaksud perdagangan internasional?
  2. Jelaskan salah satu faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional!
  3. Bagaimana negara yang memiliki keunggulan absolute dapat menjadi faktor pendorong perdagangan internasional!
  4. Jelaskan manfaat perdagangan internasional!
  5. Jelaskan hambatan-hambatan dalam perdagangan internasional!
  6. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak negatif perdagangan internasional?
  7. Apa saja pengaruh (positif dan negatif) perdagangan Internasional bagi kehidupan negara?
  8. Apa manfaat yang dirasakan pelajar dengan adanya perdagangan internasional?

Download di sini: Contoh RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Materi Perdagangan Internasional

Demikian tadi Contoh RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Materi Perdagangan Internasional untuk pertemuan ke-1 s.d 3, semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar