Skip to main content

Pengaruh Perubahan Ruang Terhadap Kehidupan Ekonomi Kelas 8

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
dan salam sejahtera buat semuanya.
Perangkat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang akan Admin bagikan pada kesempatan kali ini adalah membahas tentang "Pengaruh Perubahan Ruang Terhadap Kehidupan Ekonomi" materi IPS kelas 8. LKPD ini dibuat berfungsi sebagai penuntun peserta didik dalam belajar.

LKPD ini menggunakan alat bantu "Pengatur Grafis" guna meningkatkan literasi pada peserta didik. Sebagai alat bantu strategi literasi dalam pembelajaran, pengatur grafis berfungsi membantu pemahaman dengan cara mengorganisasikan ide/pikiran/gagasan.

Berbagai macam bentuk pengatur grafis diantaranya adalah Aktivasi pengetahuan latar belakang, Tabel Prediksi, Tahu-Ingin-Pelajari, Tahu-Ingin-Pelajari, Tahu-Ingin-Bagaimana-Pelajari, Rantai Peristiwa/Proses, Siklus, Adik simba (Apa, di Mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana), Berpikir-Berpasangan-Berbagi, Hubungan Tanya Jawab, Diagram Venn, Tabel Fakta-Opini, Tabel Lima Indra, Caption, Gambar dengan Caption, Peta Gagasan Utama dan Penjelas, Hubungan Sebab-Akibat, Masalah-solusi, dan SQ3R. Dan pada postingan LKPD kali ini Admin menggunakan pengatus grafis "Aktivasi pengetahuan latar belakang".

Sama dengan postingan-postingan sebelumnya, di dalam sebuah LKPD berisi antara lain identitas, petunjuk belajar, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, lembar kerja, dan penilaian. Perangkat LKPD akan dibagikan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok kecuali pada lembar penilaian dipegang oleh guru.

Sebagai gambaran singkat mengenai isi daripada LKPD ini, Admin akan memaparkan sebagiannya yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan, serta penilaian.

I. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, dan konsumsi) di negara-negar ASEAN dengan benar;
  2. Peserta didik dapat membedakan antara kegiatan ekspor dan kegiatan impor dengan teliti;
  3. Peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk interaksi keruangan dalam bidang ekonomi yang terjadi di wilayah ASEAN dengan tepat;
  4. Peserta didik dapat menganalisis dampak positif dan negatif dari kegiatan ekonomi yang terjadi di wilayah ASEAN dengan kritis.

II. Langkah-Langkah Kegiatan

  1. Peserta didik mempelajari materi di buku paket IPS kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 hal 70-71;
  2. Guru dan peserta didik menuliskan sejumlah kosakata (10-15 kata) yang berkaitan dengan pengaruh perubahan ruang terhadap kehidupan ekonomi.
  3. Peserta didik mencermati kata-kata tersebut dan mengisi tabel yang telah disediakan

III. Kunci Jawaban
  1. Tuliskan kosakata (10-15 kata) yang berkaitan dengan pengaruh perubahan ruang terhadap kehidupan ekonomi!
    AFTAEksporImporProdukDistribusi
    KonsumenBUMNPendapatan per KapitaPDBInvestor
  2. Apa yang sudah kamu ketahui sebelumnya berkaitan dengan kata-kata tersebut? Untuk menjawabnya silahkan isi tabel berikut!
  3. Kata ini belum pernah saya dengar sebelumnyaSaya pernah mendengar kata ini, tapi belum paham/tidak yakin maknanyaSaya tahu definisi kata ini atau pernah menggunakannya dalam sebuah kalimatSaya tahu berbagai makna atau penggunaan kata ini dan dapat Memberikan contohnya
    AFTA............................................
    Ekspor............................................
    Impor............................................
    Produk............................................
    Distribusi............................................
    Konsumen............................................
    BUMN............................................
    Pendapatan per Kapita............................................
    PDB............................................
    Investor............................................

    1) AFTA : AFTA memiliki kepanjangan ASEAN Free Trade Area yang berarti kesepakatan antarnegara-negara ASEAN menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai area perdagangan bebas.

      Contoh:
    • AFTA berdiri pada tahun 1992
    • AFTA memiliki tujuan menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk-produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global
    • Melalui AFTA setiap negara-negara ASEAN mendapat kesempatan memperluas wilayah pemasaran sampai ke luar negeri
    • Melalui AFTA setiap orang di negara-negara ASEAN dapat memperoleh barang dari luar negeri

    2) Ekspor : Ekspor adalah kegiatan mengirimkan atau menjual barang ke negara lain.
      Contoh:
    • Ekspor merupakan sumber pendapatan devisa negara
    • Pakaian jadi merek The Executive banyak diekspor oleh Indonesia ke negara Malaysia, Singapura, dan negara Asia Tenggara lainnya

    3) Impor : Impor adalah kegiatan memasukkan atau membeli barang dari negara lain.
      Contoh:
    • Singapura banyak mengimpor hasil-hasil barang tambang dari Indonesia.
    • Per April 2019, impor Indonesia naik 12,25 persen.

    4) Produk : Produk adalah barang/jasa hasil kegiatan mengkombinasikan faktor-faktor produksi seperti alam, tenaga kerja, modal dan skills.
      Contoh:
    • Indonesia merupakan penghasil produk minyak kelapa sawit terbesar se-Asia Tenggara dan dunia.
    • Produk atau komoditas ekspor Indonesia di dominasi pada barang-barang makanan.

    5) Distribusi : Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen.
      Contoh:
    • Distribusi barang ke Malaysia mengalami kendala disebabkan faktor cuaca.
    • Sekarang ini, lautan tidak lagi menjadi penghalang untuk mendistribusikan barang dan jasa.

    6) Konsumen : Orang atau lembaga yang menggunakan, menghabiskan, atau memanfaatkan barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen.
      Contoh:
    • Konsumen semakin dimanjakan dengan keberadaan layanan belanja online.
    • Objek pariwisata di Brunei Darussalam tidak kalah menariknya dengan objek wisata yang ada di negara ASEAN lainnya yang berpotensi meningkatkan jumlah konsumen wisata di negara tersebut

    7) BUMN : BUMN merupakan singkatan dari Badan Usaha Milik Negara, yaitu badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oeh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.
      Contoh:
    • Contoh BUMN di Indonesia antara lain perum pegadaian, PT Pertamina, PT PLN, PT Garuda Indonesia, PT Telkom, PT Pos Indonesia, PT Semen Gresik, PT BRI, dan PT Bank Mandiri.
    • Pemerintah dalam hal ini melalui kementerian BUMN terus berupaya meningkatkan kinerja BUMN.

    8) Pendapatan per Kapita : Pendapatan rata-rata yang diperoleh penduduk suatu negara dalam satu tahun.
      Contoh:
    • Singapura merupakan negara dengan pendapatan per kapita tertinggi ketiga di dunia mencapai Rp693,98 juta/orang setahun.
    • Pendapatan per kapita merupakan salah satu indikator dalam mengukur kualitas penduduk suatu negara.

    9) PDB : PDB merupakan singkatan dari Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/GDP) yang artinya jumlah barang/jasa yang dihasilkan penduduk dalam suatu wilayah negara termasuk produk yang dihasilkan warga asing yang beroperasi di negara tersebut.
      Contoh:
    • Berdasarkan data tahun 2003, PDB Kamboja mencapai US$4,658 miliar.
    • Indonesia merupakan negara dengan nilai PDB tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2018 mencapai US$ 1,02 triliun.

    10) Investor : Investor adalah orang atau bada usaha yang menanamkan modalnya untuk kegiatan produktif.
      Contoh:
    • Investor asing banyak tertarik menanamkan modalnya di Singapura, karena iklim investasi di negara tersebut sangat baik yang didukung kondisi suhu politik yang stabil.
    • Untuk meningkatkan kapasitas produksi, perusahaan membutuhkan investor yang banyak baik dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Baiklah jika Bapak/Ibu rekan guru IPS tertarik menggunakan LKPD ini silahkan didownload perangkatnya pada tautan berikut:
Di sini

Akhirnya, dengan keterbatasan dan kekurangan Admin dalam penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini, kritik dan saran dari rekan guru sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan LKPD ini ke depannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar