KK E IPS Kajian Ekonomi dan Instrumen Penilaian Non Tes
Salam buat pengunjung SHMADYWEB. Kembali lagi Admin akan berbagi perangkat soal latihan UKG IPS yang disusun berdasarkan pemahaman Admin selama mempelajari salah satu modul pelatihan guru mata pelajaran IPS SMP yaitu pada modul Kelompok Kompetensi (KK) E tentang Kajian Ekonomi IPS Terpadu pada kompetensi ranah profesional dan tentang Instrumen Penilaian Non-Tes pada kompetensi ranah pedagogik.
Admin telah menuntaskan mempelajari modul pelatihan guru KK E ini kemudian menyusun contoh soal sebagai bahan latihan dan dibagikan di sini kepada rekan guru atau calon guru mapel IPS dan PPKn. Soal latihan ini disusun berdasarkan apa yang Admin pahami setelah mempelajari modulnya, jadi silahkan dibaca contoh soal uji coba KK E di bawah ini.
Soal Profesional:
Kajian Ekonomi dalam IPS Terpadu
- Suatu kekuatan penggerak di antara individu-individu yang mendorong mereka melakukan tindakan ekonomi, disebut ....
- Seseorang yang selalu menggunakan perhitungan-perhitungan yang cermat dan perencanaan yang matang dalam menentukan keputusan tertentu merupakan salah satu ciri orang yang menerapkan prinsip ekonomi dalam kehidupannya, yaitu ....
- Inti masalah ekonomi yang paling mendasar sehingga manusia selalu berusaha dengan segala kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan adalah ....
- Antrian panjang para pembeli hingga menungggu berjam-jam demi mendapatkan produk iPhone keluaran terbaru di depan pusat penjualan merupakan salah satu pola konsumsi masyarakat yang dipengaruhi oleh faktor ....
- Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membuka cabang produksi ke daerah lain
(2) Merekrut karyawan baru
(3) Menambah jumlah penggunaan bahan baku
(4) Mengadakan pelatihan motivasi managerial skills
(5) Meningkatkan disiplin dan etos kerja karyawan - Distributor akan selalu berusaha memperoleh untung yang maksimal jika usahanya beruntung dan jika rugi maka diharapkan rugi minimal. Ilustrasi tersebut sesuai dengan fungsi distribusi yaitu ....
- Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini:
1. Tidak ada pemisahan antara rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi
2. Ketergantungan pada sektor pertanian/agraris
3. Kebebasan Individu tidak ada
4. Tidak ada pembagian kerja
5. Masyarakat bebas memiliki alat-alat produksi
6. Kegiatan ekonomi tidak melibatkan pihak swasta Yang merupakan ciri sistem ekonomi tradisional adalah pernyataan nomor .... - Ciri sistem ekonomi liberal yang benar berikut ini adalah ....
- Berikut adalah ciri-ciri sistem ekonomi sosialis kecuali ....
- Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri sistem ekonomi campuran adalah ....
- Empat pelaku dalam kegiatan ekonomi antara lain adalah ....
- Rumah tangga adalah salah satu penyedia faktor produksi bagi perusahaan. Balas jasa yang diterima dari penyerahan faktor produksi berupa skill adalah ....
- Berikut adalah peran rumah tangga produksi, kecuali
- Peran pemerintah sebagai produsen diatur dalam UUD 1945 pasal 33 ayat ...
- Permintaan atas suatu barang atau jasa yang didukung dengan adanya kepemilikan sejumlah uang atau kemampuan daya beli, namun pembelian atas barang/jasa tersebut belum dilaksanakan disebut ....
- Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan kecuali ....
- Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan kurva permintaan adalah ....
- Kurva permintaan barang Y akan mengalami pergeseran ke kiri jika ....
- Sejumlah barang atau jasa yang tersedia dijual oleh produsen pada berbagai tingkat harga dan pada suatu waktu tertentu disebut ....
- Perhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran berikut!
1. Harga barang itu sendiri
2. Jumlah penduduk
3. Harga pengadaan faktor produksi
4. Selera masyarakat
5. Tingkat teknologi yang digunakan Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran adalah .... - Faktor yang menyebabkan terjadinya pergeseran sepanjang kurva penawaran adalah ....
- Faktor yang menyebabkan kurva penawaran bergeser ke kanan adalah ....
- Harga keseimbangan yang terbentuk oleh interaksi permintaan dan penawaran cenderung bersifat ....
- Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep merkantilisme adalah ....
- Suatu masyarakat harus diberi keleluasaan untuk dapat berproduksi sebesar-besarnya dengan menggunakan sumber daya yang tersedia, tanpa campur tangan pemerintah merupakan teori dari ....
- Indonesia mampu memproduksi beras 10.000 ton/tahun dan 20.000 unit komputer/tahun. Sedangkan Korea memproduksi beras 5.000 ton/tahun dan 15.000 unit komputer/tahun. Kedua negara tidak bisa melakukan perdagangan internasional. Hal ini sesuai dengan teori ....
- Perhatikan data berikut!
Produk Indonesia Korea Beras (Ton) 10.000 5.000 Komputer (Unit/Set) 20.000 15.000 - Berikut adalah transaksi yang menyebabkan nilai rupiah mengalami apresiasi terhadap dollar kecuali ....
- Terkadang pemerintah perlu menentukan sendiri nilai tukar mata uang negaranya terhadap mata uang negara lain, bertujuan ....
- Komponen-komponen dari neraca modal berikut ini adalah ....
1. Pinjaman suatu negara dari negara lain
2 Bantuan-bantuan sosial ke negara lain
3. Pemberian kredit suatu negara ke negara lain
4. Investasi langsung pihak swasta suatu negara ke negara lain
5. Ekspor dan impor hasil-hasil sektor pertanian, pertambangan, dan industri - Berikut adalah faktor eksternal yang mempengaruhi perekonomian suatu negara kecuali ....
- Ciri perekonomian Indonesia pada masa orde lama berikut yang benar adalah ....
- Berikut adalah keberhasilan pemerintahan Orde Baru dalam perekonomian kecuali ....
- Pada triwulan kedua tahun 1998, krisis di Indonesia meluas tidak hanya pada masalah moneter tapi juga pada masalah politik dan keamanan. Hal ini disebabkan karena ....
- Faktor penyebab yang memicu anjloknya nilai rupiah hingga menyentuh Rp12.000,00 per dolar AS pada masa pemerintahan Abdurrahman Wahid adalah ....
- Berikut adalah syarat-syarat uang kecuali ....
- Cek, transfer telegraf, dan kartu kredit merupakan jenis uang ....
- Berikut adalah fungsi turunan uang, kecuali ....
- Nilai bahan yang digunakan untuk membuat uang disebut dengan ....
- Uang senilai Rp100.000,00 terbuat dari kertas yang nilai bahannya Rp2.000,00 kemudian dipakai membeli 10 kg beras sebesar Rp80.000,00. Berdasarkan ilustrasi di atas, besar nilai riil uang adalah ....
- Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 pasal 3 fungsi utama perbankan Indonesia adalah ....
- Berikut yang bukan tergolong bank umum adalah ....
- Berikut yang termasuk lembaga keuangan non-bank adalah ....
- Penilaian yang mengharuskan siswa untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu atau produk tertentu disebut ....
- Ranah penilaian yang dapat diukur dengan instrumen penilaian non-tes adalah ....
- Terdapat 3 tujuan pembelajaran IPS yang dipaparkan oleh Widoyoko yaitu keterampilan akademik, personal, dan sosial. Jenis keterampilan yang cocok dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian non-tes adalah ....
- Salah satu tujuan pembelajaran IPS adalah untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Kemampuan dalam diri peserta didik yang menunjukkan bahwa ia telah memiliki keterampilan sosial adalah ....
- Berikut adalah bentuk-bentuk penilaian non-tes, kecuali ....
- Perhatikan instrumen penilaian berikut!
1. soal uraian
2. soal pilihan ganda
3. rubrik penilaian
4. menjodohkan
5. skala nilai
6. isian singkat - Pernyataan berikut yang sesuai dengan ciri rubrik penilaian umum adalah ....
- Yang termasuk rubrik penilaian umum-holistik berikut ini adalah ....
- Untuk menentukan jenis kinerja (performance) yang akan dinilai, guru harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini kecuali ....
- Perhatikan uraian langkah-langkah pengembangan rubrik penskoran berikut ini!
1. Mengembangkan kerangka dasar penilaian yang memuat aspek-aspek yang akan dinilai dari kinerja siswa
2. Menuliskan poin-poin penilaian dari kerangka dasar
3. Membuat uraian untuk masing-masing aspek kerangka dasar berdasarkan poin-poin yang sudah dibuat Uraian langkah-langkah pengembangan rubrik penskoran di atas disebut teknik .... - Mengidentifikasi langkah-langkah pengembangan rubrik secara bottom-up//Jika dalam pembuatan rubrik penilaian, guru menggunakan beberapa hasil karya siswa untuk mengembangkan rubrik, teknik tersebut disebut dengan ....
- Berikut ini merupakan dampak negatif penggunaan skala penilaian yang tidak tepat, kecuali ...
- A. hukum ekonomi
B. motif ekonomi
C. prinsip ekonomi
D. tindakan ekonomi rasional
- A. bertindak rasional
B. bertindak hemat
C. bertindak ekonomis
D. menyusun skala prioritas
- A. adanya kesenjangan antara jumlah kebutuhan dan jumlah alat pemuas kebutuhan
B. rendahnya kemampuan manusia dalam menyediakan alat-alat pemenuhan kebutuhan
C. kesulitan manusia bertindak sebagai makhluk ekonomi sekaligus sebagai makhluk sosial
D. kecenderungan manusia bertindak boros tanpa diimbangi peningkatan pendapatan
- A. tingkat suku bunga bank
B. jumlah penduduk
C. gaya hidup
D. perkiraan masa depan
- Yang termasuk upaya meningkatkan produksi secara ekstensifikasi adalah ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
- A. pembelian
B. penjualan
C. penyimpanan
D. pengambilan resiko
- A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 5, dan 6
D. 4, 5, dan 6
- A. Peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi terbatas
B. Kegiatan perekonomian dari produksi, distribusi, dan konsumsi serta harga ditetapkan pemerintah dengan peraturan negara
C. Hak milik perorangan atau swasta tidak diakui, sehingga kebebasan individu dalam berusaha tidak ada
D. Hak milik perorangan diakui tetapi penggunaannya tidak boleh merugikan kepentingan umum
- A. Alat-alat produksi dikuasai oleh negara
B. Kegiatan perekonomian dari produksi, distribusi, dan konsumsi serta harga ditetapkan pemerintah dengan peraturan negara
C. Hak milik perorangan atau swasta tidak diakui, sehingga kebebasan individu dalam berusaha tidak ada
D. Dalam melakukan tindakan ekonomi dilandasi semangat untuk mencari keuntungan sendiri
- A. Hak milik perorangan diakui tetapi penggunaannya tidak boleh merugikan kepentingan umum
B. Adanya pembatasan pihak swasta oleh negara pada bidang-bidang yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
C. Kegiatan perekonomian dari produksi, distribusi, dan konsumsi serta harga ditetapkan pemerintah dengan peraturan negara
D. Mekanisme kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar adalah campur tangan pemerintah dengan berbagai kebijakan ekonomi
Baca juga :
Latihan Soal UN Sistem Ekonomi
- A. Konsumen, Produsen, Distributor
B. Rumah Tangga, Perusahaan, Pemerintah
C. BUMN, BUMD, Koperasi
D. Pemerintah, Swasta, Masyarakat Luar Negeri
- A. profit
B. interest
C. rent
D. wage
- A. menggunakan faktor produksi
B. melakukan produksi barang/jasa
C. agen pembangunan
D. menyediakan faktor produksi
- A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
Baca juga :
Lengkap: Soal Tentang Pelaku Ekonomi dan Interaksinya dalam Circular Flow Diagram
- A. permintaan absolut
B. permintaan potensial
C. permintaan efektif
D. permintaan agregat
- A. Harga barang lain
B. Cita rasa masyarakat
C. Pendapatan masyarakat
D. Biaya produksi
- A. sifat hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta berbanding lurus
B. bergerak dari kiri atas ke kanan bawah atau sebaliknya
C. memiliki gradient/kemiringan/slope positif
D. bergerak dari kiri bawah ke kanan atas atau sebaliknya
- A. Harga barang komplementer mengalami penurunan
B. Harga barang substitusi mengalami penurunan
C. Penurunan jumlah barang yang diminta
D. Harga barang Y mengalami penurunan
- A. kurva permintaan
B. kurva penawaran
C. penawaran
D. permintaan
- A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 3, 4, dan 5
- A. Harga barang itu sendiri
B. Biaya produksi
C. Tingkat teknologi
D. Tujuan-tujuan perusahaan
- A. Penggunaan teknologi modern
B. Demo Serikat Buruh
C. Kenaikan harga bahan baku
D. Kenaikan harga barang itu sendiri
- A. menurun
B. meningkat
C. positif
D. stabil
Baca juga :
Konsep Permintaan Penawaran dan Elastisitas
- A. kesejahteraan suatu bangsa ditentukan oleh tingkat produktifitas dan kualitas hidup dari masyarakat bangsa tersebut
B. Industri/manufaktor merupakan sektor yang paling penting daripada sektor pertanian dan daerah koloni/jajahan
C. sebuah negara akan mencapai kemakmuran yang tinggi jika mereka melakukan perdagangan dengan negara lain
D. ukuran kemakmuran suatu negara adalah jumlah emas dan perak yang dimiliki oleh negara tersebut
- A. Merkantilisme
B. Adam Smith
C. David Hume
D. David Ricardo
- A. keuntungan berlipat
B. keuntungan ganda
C. keunggulan mutlak
D. keunggulan berbanding
- Berdasarkan teori dari David Ricardo, perdagangan antar kedua negara akan saling menguntungkan jika ....
A. Indonesia dan Korea sama-sama memproduksi beras dan komputer
B. Indonesia melakukan spesialisasi pada produksi beras dan Korea komputer
C. Korea melakukan spesialisasi pada produksi beras dan Indonesia komputer
D. Indonesia mengekspor pada kedua jenis komoditas dan Korea hanya mengimpor
- A. Kunjungan wisatawan Amerika ke Indonesia meningkat
B. Penanaman modal perusahaan Amerika di Indonesia menurun
C. Permintaan terhadap barang-barang hasil produksi Indonesia meningkat
D. Investasi dari perusahaan Amerika di Indonesia meningkat
- A. menaikkan nilai kurs rupiah yang terdepresiasi oleh dolar
B. mempengaruhi kurs valuta asing yang mengalami fluktuasi
C. menurunkan nilai kurs rupiah yang terapresiasi terhadap dolar
D. untuk memperoleh keuntungan dari perdagangan dengan negara lain
- A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 4, dan 5
D. 3, 4, dan 5
- A. Kondisi fisik dan letak geografis suatu negara
B. Perkembangan teknologi
C. Kondisi perekonomian dan politik dunia
D. Keamanan global
- A. Upaya-upaya pemerintah terfokus pada pemulihan stabilitas ekonomi, sosial, dan politik terutama rehabilitasi ekonomi
B. Terjadi krisis ekonomi terlihat dari nilai tukar rupiah yang terus melemah mulai menggoncang perekonomian nasional
C. Buruknya kondisi infrastruktur ekonomi, fisik, dan non fisik setelah berakhirnya penjajahan Jepang
D. Laju inflasi menurun, Suku Bunga Bank Indonesia (SBI) rendah, dan laju pertumbuhan ekonomi mencapai 5%
- A. Indonesia mampu melakukan swasembada pangan
B. Pertumbuhan ekonomi mencapai rata-rata 7% selama 1969-1990
C. Menurunkan tingkat inflasi dari 500% pada tahun 1966 menjadi 5-10% pada tahun 1970
D. Tahun 2000 kondisi perekonomian nasional stabil yakni laju inflasi dan tingkat SBI yang rendah
- A. ribuan mahasiswa/siswi dari puluhan perguruan tinggi dari Jakarta dan luar Jakarta menguasai gedung DPR menuntut presiden Soeharto mundur
B. pencairan pinjaman angsuran kedua senilai 3 miliar dolar AS yang seharusnya dilakukan pada bulan Maret 1998 diundur oleh IMF
C. Soeharto mengundurkan diri sebagai Presiden RI yang digantikan oleh wakilnya, B.J.Habibie
D. ULN Indonesia dalam nilai dolar AS, baik dari sektor swasta maupun pemerintah, sangat besar
- A. perekonomian Indonesia masih sangat tergantung pada impor
B. ULN Indonesia dalam nilai dolar AS, baik dari sektor swasta maupun pemerintah, sangat besar
C. angka inflasi yang diprediksi dapat menembus dua digit
D. Istana Presiden dikepung para demonstran yang menuntut presiden Gus Dur mundur
- A. Jumlahnya tidak terbatas
B. Mudah dibawa ke mana-mana
C. Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai
D. Dapat diterima oleh masyarakat umum
- A. riil
B. resmi
C. giral
D. kartal
- A. sebagai alat pembayaran
B. sebagai alat tukar umum
C. sebagai alat untuk menabung
D. sebagai pemindah kekayaan
- A. nilai nominal
B. nilai riil
C. nilai intrinsik
D. nilai eksternal
- A. Rp102.000,00
B. Rp100.000,00
C. Rp80.000,00
D. Rp2.000,00
- A. sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat
B. sebagai sarana pengontrol peredaran uang
C. mempermudah dan memperlancar sistem pembayaran
D. mencetak dan menjaga stabilitas nilai rupiah
- A. BRI
B. BNI
C. BPD
D. BPR
- A. Yayasan, Koperasi Kredit, Asuransi
B. Koperasi Kredit, Dana Pensiun, Pegadaian
C. Yayasan, BUMN, Koperasi Kredit
D. Asuransi, Pegadaian, BUMN
Baca juga :
Konsep dan Teori Uang, Perbankan, atau Kebijakan Pemerintah di Bidang Moneter
Soal Pedagogik:
Instrumen Penilaian Non Tes
- A. penilaian tes
B. penilaian formatif
C. penilaian sumatif
D. penilaian kinerja
- A. keterampilan
B. pengetahuan dan sosial
C. sosial dan keterampilan
D. pengetahuan, sikap, dan keterampilan
- A. akademik, personal, dan sosial
B. personal dan sosial
C. akademik dan sosial
D. akademik dan personal
- A. mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
B. memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global
C. memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemasyarakatan
D. kemampuan berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, dan memecahkan masalah
- A. project
B. portofolio
C. tulisan essay
D. jawaban uraian
- Instrumen yang digunakan dalam penilaian non-tes adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 6
- A. digunakan untuk satu jenis penampilan/tugas/hasil karya
B. digunakan untuk menilai tugas atau penampilan hanya pada satu mata pelajaran
C. dapat digunakan untuk menilai tugas atau penampilan pada mata pelajaran lainnya
D. hanya dapat digunakan untuk satu topik tertentu dalam mata pelajaran tertentu
-
A.
No. | Dimensi/Aspek | Kriteria 1 | Kriteria 2 | Kriteria 3 | Kriteria 4 |
1. | Kesesuaian isi tulisan dengan topik | Hampir keseluruhan Isi presentasi tidak relevan dengan topik | Kurang lebih 50% dari isi presentasi relevan | Hampir seluruh isi relevan dengan topik | Seluruh isi relevan |
2. | Penggunaan contoh dan bukti yang mendukung argumen yang digunakan | ... | ... | ... | ... |
B.
No. | Dimensi/Aspek | Kriteria |
1. | Memuaskan | Contoh-contoh dan bukti-bukti (minimal 5) disajikan secara meyakinkan dan sistematis sehingga sangat mendukung argumen yang digunakan |
2. | Baik | ... |
C.
No. | Dimensi/Aspek | Kriteria 1 | Kriteria 2 | Kriteria 3 | Kriteria 4 |
1. | Kesesuaian isi tulisan dengan topik | ... | ... | ... | ... |
2. | Penggunaan contoh dan bukti yang mendukung argumen yang digunakan | Contoh contoh dan bukti tentang MASALAH PEWARISAN BUDAYA tidak relevan dengan argurmen | Beberapa contoh dan bukti (2-4) masih relevan dengan MASALAH PEWARISAN BUDAYA namun tidak mendukung argument yang disampaikan | Beberapa contoh dan bukti (2-4) tentang MASALAH PEWARISAN BUDAYA disajikan secara meyakinkan dan sistematis sehingga dapat mendukung argument yang digunakan | Contoh-contoh dan bukti-bukti (minimal 5) tentang MASALAH PEWARISAN BUDAYA disajikan secara meyakinkan dan sistematis sehingga sangat mendukung argumen yang digunakan |
D.
No. | Dimensi/Aspek | Kriteria |
1. | Memuaskan | ... |
2. | Baik | Beberapa contoh dan bukti (2-4) tentang MASALAH PEWARISAN BUDAYA disajikan secara meyakinkan dan sistematis sehingga dapat mendukung argumen yang digunakan |
- A. kompetensi dasar yang harus dicapai siswa
B. aspek kinerja yang akan menjadi fokus penilaian
C. intake siswa dan kelengkapan daya dukung
D. apakah penilaian akan fokus pada proses, produk, atau keduanya
- A. Top-Down
B. Bottom-Up
C. Analitik
D. Holistik
- A. Top-Down
B. Bottom-Up
C. Analitik
D. Holistik
- A. nilai tinggi hanya pada siswa yang dikenal
B. terjadi bias pada hal-hal diluar kinerja
C. rendahnya daya beda, realibilitas, dan validitas
D. rendahnya tingkat kesukaran aspek penilaian
Demikian tadi pemaparan latihan soal uji Kompetensi Kelompok E tentang Kajian Ekonomi dan Instrumen Penilaian Non Tes bagi guru IPS, semoga bermanfaat.