Analisis Hasil Penilaian Dasar Penyusunan Program Remedial dan Pengayaan
Kegiatan menganalisis hasil penilaian harian dilakukan untuk mengecek tingkat ketercapaian peserta didik pada kompetensi dasar tertentu yang sering kita istilahkan dengan kata tuntas atau belum tuntas. Kegiatan ini sangat perlu dilakukan karena bermanfaat sebagai dasar penyusunan program tindak lanjut analisis penilaian yaitu kegiatan remedial dan kegiatan pengayaan.
Untuk itu pada postingan kali ini Admin akan berbagi file berisi analisis penilaian harian, program remedial dan program pengayaan yang segera teman-teman dapat download di google drive. Selain itu Admin juga akan memaparkan sedikit panduan penggunaan file tersebut di dalam postingan ini.
Sebenarnya Admin malu untuk menulis Panduan Penilaian di sini karena teman-teman pasti sudah faham dan terbiasa melaksanakannya di sekolah. Tapi Admin berfikir tidak ada salahnya kita saling mengingatkan di sini melalui media ini supaya tidak repot-repot lagi mencari dan membongkar arsip.
Berikut pemaparannya:
A. Program Remedial
1. Apa yang dimaksud dengan Remedial?
Remedial adalah program pembelajaran yang diperuntukkan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM dalam suatu KD tertentu. Diusahakan Pelaksanaan remedial ini segera dilakukan ketika peserta didik sudah diketahui tidak tuntas atau belum mencapai KKM.
2. Metode apa yang dipakai dalam pelaksanaan remedial ?
Pemilihan metode yang digunakan untuk melaksanakan remedial ini disesuaikan dengan sifat, jenis, dan latar belakang kesulitan belajar yang dialami peserta didik.
Berikut 4 (empat) metode yang dapat dipakai dalam pelaksanaan program remedial, yaitu:
- Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa anak yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual.
- Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.
- Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dilakukan apabila semua peserta didik mengalami kesulitan. Pembelajaran ulang dilakukan dengan cara penyederhanaan materi, variasi cara penyajian, penyederhanaan tes/pertanyaan.
- Pemanfaatan tutor sebaya, yaitu peserta didik dibantu oleh teman sekelas yang telah mencapai KKM, baik secara individu maupun kelompok.
Pembelajaran remedial diakhiri dengan penilaian untuk melihat pencapaian peserta didik pada KD yang diremedial. Apabila hasil penilaian masih saja belum tuntas, maka pendidik melaksanakan kembali program remedial kepada peserta didik dan terus begitu sampai batas akhir semester. Kemudian Kalau sampai batas akhir semester masih belum dapat membantu mencapai KKM, maka pembelajaran remedial dihentikan karena pendidik tidak dianjurkan memaksakan untuk memberi nilai tuntas.
3. Bagaimana cara pemberian nilai pada peserta didik yang mengikuti remedial ?
Ada 3 (tiga) alternatif yang dapat diterapkan dalam memberikan nilai pada peserta didik yang telah menyelesaikan remedial, yaitu:
1) Alternatif Pertama
- Memberikan nilai sesuai capaian yang diperoleh peserta didik setelah menyelesaikan kegiatan remedial.
Contoh: KKM IPS sebesar 75, dan Budi mampu menyelesaikan mengikuti remedial pada KD 3.1 dengan memperoleh nilai 90 yang melampaui nilai KKM tersebut maka nilai Budi pada PH-1 KD 3.1 adalah sebesar 90.
2) Alternatif Kedua
Memberikan nilai dengan cara merata-rata antara nilai capaian sebelum mengikuti remedial dan nilai capaian setelah mengikuti remedial.
Contoh: KKM IPS sebesar 75, dan Budi mampu menyelesaikan mengikuti remedial pada KD 3.1 dengan memperoleh nilai 90, apabila sebelumnya nilai Budi sebesar 65 maka setelah dirata-ratakan (90+65)/2 menjadi 78 (sudah melampaui nilai KKM 75). Jadi, di sini nilai akhir Budi adalah 78.
Lalu bagaimana jika nilai setelah dirata-ratakan belum mampu melampaui nilai KKM 75 atau kurang dari 75 maka nilai akhir Budi adalah mengikuti nilai KKM 75.
3) Alternatif Ketiga
- Memberikan nilai sama dengan nilai KKM yang telah ditetapkan sebelumnya, berapapun nilai yang dicapai peserta didik tersebut tentunya yang telah melampaui nilai KKM
Contoh: KKM IPS sebesar 75, dan Budi mampu menyelesaikan mengikuti remedial pada KD 3.1 dengan memperoleh nilai 90, maka nilai Budi adalah besar nilai KKM 75
Silahkan Bapak/Ibu guru pilih mau pakai alternatif yang mana dengan tetap mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan yang dapat ditimbulkannya.
B. Program Pengayaan
1. Apa yang dimaksud dengan Pengayaan?
Pengayaan adalah program pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah melampaui KKM. Pengayaan seharusnya dilaksanakan segera setelah peserta didik diketahui telah tuntas berdasarkan hasil penilaian harian dan pelaksanaannya difokuskan pada pendalaman dan perluasan dari kompetensi yang telah dipelajari. Pengayaan dilaksanakan hanya satu kali tidak berulang-ulang seperti layaknya pembelajaran remedial.
2. Metode apa yang dipakai dalam pelaksanaan Pengayaan?
Berikut metode yang dapat dipakai dalam pelaksanaan program pengayaan, yaitu:
- Pembelajaran kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan tugas memecahkan permasalahan nyata, membaca di perpustakaan, penyelesaian proyek, dan atau karya ilmiah terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah.
- Belajar mandiri, yaitu peserta didik secara mandiri yang memiliki minat tertentu diberikan tugas menjadi tutor bagi temtan-temannya yang tidak tuntas, memecahkan permasalahan nyata, membaca di perpustakaan, penyelesaian proyek, dan atau karya ilmiah terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah.
3. Bagaimana cara pemberian nilai pada peserta didik yang mengikuti Pengayaan?
Jadi, sebenarnya secara umum pembelajaran pengayaan ini tidak ada penilaiannya.
Demikian pemaparan pada "Analisis Hasil Penilaian, Dasar Penyusunan Program Remedial & Pengayaan" ini mudah-mudah ada manfaatnya.
Sebelum ditutup silahkan, didownload file xlxs-nya dibawah ini:
Analisis penilaian harian, Program remedial, Program pengayaan