Skip to main content

Latihan Soal Pasar Output dan Pasar Input

Pokok bahasan dalam latihan soal UN kali ini adalah tentang Pasar Output dan Pasar Input.

Tahukah adik-adik apa yang dimaksud dengan pasar? Pasar adalah proses interaksi antara permintaan dan penawaran atas barang/jasa serta faktor produksi tertentu. Interaksi antara permintaan yang datang dari pembeli dengan penawaran yang dilakukan oleh penjual dapat terjadi di tempat manapun dan kapanpun. Saat ini faktor tempat dan waktu sudah tidak menjadi penghalang untuk melakukan transaksi. Pembelian barang dan jasa tidak hanya dilakukan dengan mendatangi secara langsung pasar-pasar tetapi dapat juga dilakukan cukup dengan duduk-duduk santai di dalam rumah melalui transaksi online di internet.

Pasar dibentuk oleh unsur-unsur tertentu. Unsur-unsur pembentuk pasar kemudian disebut struktur pasar. Apa saja struktur pasar itu? Struktur dalam pasar antara lain adalah jumlah penjual dan pembeli, jenis barang yang diperjualbelikan, mudah tidaknya masuk dan keluar pasar, dan peran iklan dalam pasar. Perbedaan pada komposisi struktur di dalam pasar tersebut akan menentukan bentuk dari pasar itu sendiri.

A. Pasar Output (Barang dan Jasa)

Kombinasi komposisi tertentu dalam struktur pembentuk pasar berpengaruh terhadap tingkat persaingan di dalam pasar. Misalnya, pada suatu pasar terdapat banyak penjual dan banyak pembeli kemudian barang yang diperjualbelikan jenisnya sama semua maka antar penjual terjadi persaingan yang ketat begitu juga dengan kombinasi lainnya. Jadi berdasarkan strukturnya, pasar terbagi menjadi dua yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

1. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

  • Terdapat banyak penjual dan pembeli
  • Barang yang diperjualbelikan homogen (sama/serupa)
  • Pembeli dan penjual mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar
  • Bebas keluar masuk pasar
  • Produsen/penjual tidak bebas menentukan harga
  • Tidak ada turut campur tangan pemerintah

2. Ciri-ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

  • Terdapat satu penjual atau satu pembeli
  • Barang yang diperjualbelikan hoterogen (beraneka macam)
  • Pembeli dan penjual tidak mengetahui kondisi pasar
  • Sulit untuk masuk dalam pasar
  • Mudah mengumpulkan laba maksimal bagi penjual
  • Produsen/penjual bebas menentukan harga
  • Terda[at turut campur tangan pemerintah

Untuk lebih memahami lagi silahkan adik pelajari soal latihan berikut ini:

  1. Perhatikan ciri-ciri pasar barang berikut!
    (1) Barang yang dijualbelikan heterogen
    (2) Barang yang dijualbelikan homogen
    (3) Pembeli dan penjual mengetahui situasi pasar
    (4) Pemerintah tidak turut campur tangan
    (5) Hanya ada satu Penjual
    • Yang merupakan ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah ...
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (4), dan (5)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (2), (4), dan (5)
      E. (3), (4), dan (5)

  2. Tabel ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna
    ABC
    1.Jumlah pembeli dan penjual banyak1.Beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar1.Satu orang penjual/produsen yang menguasai pasar
    2.Terdapat cukup banyak penjual/produsen2.Barang yang diperjual-belikan homogen2.Masing-masing penjual/produsen dapat memengaruhi pasar
    3.Terdapat beberapa pembeli3.Barang yang diperjual belikan differentiation3.Sumber produksi bergerak bebas
    • Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah ...
      A. A1, B2, dan C3
      B. A1, B1, dan C1
      C. A2, B2, dan C2
      D. A2, B3, dan C3
      E. A1, B3, dan C3

  3. Di bawah ini ciri-ciri pasar output:
    (1) Barang-barang yang diperjualbelikan homogeny
    (2) Pembeli dan penjual bebas keluar masuk
    (3) Produsen. mudah untuk mendapatkan laba maksimal
    (4) Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar
    (5) Produsen bebas menentukan harga
    • Yang termasuk ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah ...
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (2), dan (4)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (2),(3), dan (5)
      E. (3), (4), dan (5)

  4. Berikut ini ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempuma:
    (1) Terdapat banyak perusahaan di pasar
    (2) Memiliki hak paten atas suatu barang
    (3) Hanya ada satu penjual yang berada di pasar
    (4) Ada hambatan / sulit untuk masuk ke pasar
    (5) Pembeli mempunyai pengetahuan mengenai pasar
    • Yang merupakan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna adalah ...
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (3), dan (4)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (2), (4), dan (5)
      E. (3), (4), dan (5)

B. Pasar Input/Faktor Produksi (Alam, Tenaga Kerja, Modal, dan Kewirausahaan)

Dalam perekonomian sederhana terdapat 2 pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumsi (konsumen) dan rumah tangga produksi (perusahaan). Antara konsumen dan perusahaan terjadi saling membutuhkan dan saling bergantung satu sama lainnya. Konsumen tidak akan bisa membeli barang dan jasa dari perusahaan jika tidak mempunyai penghasilan sedangkan penghasilan itu diperoleh dengan cara menyerahkan faktor produksi miliknya kepada perusahaan.

Karena telah menyerahkan faktor produksi kepada perusahaan, RT konsumsi akan memperoleh balas jasa dari perusahaan. Pemilik alam memperoleh balas jasa berupa sewa (rent), pemilik tenaga kerja memperoleh upah/gaji (wage), pemilik modal memperoleh bunga (interest), dan pemilik kewirausahaan memperoleh laba/keuntungan (profit).

Untuk lebih memahami lagi silahkan adik pelajari soal latihan berikut ini:

  1. Di bawah ini ciri-ciri pasar input:
    (1) Permintaan datangnya dari rumah tangga produsen
    (2) Imbalannya berupa upah atau gaji
    (3) Imbalannya berupa sewa atau rent
    (4) Penawaran datangnya dari rumah tangga konsumsi
    (5) Permintaan datangnya dari rumah tangga konsumsi
    • Yang merupakan ciri pasar faktor produksi alam adalah ...
      A. (1), (2), dan (3)
      B. (1), (3), dan (4)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (2), (3), dan (5)
      E. (3), (4), dan (5)

  2. Perhatikan pemyataan di bawah ini!
    (1) Permintaan datang dari rumah tangga produsen
    (2) Penawaran datang dari rumah tangga konsumsi
    (3) Permintaan datang dari rumah tangga konsumsi
    (4) Penawaran datang dari rumah tangga produsen
    (5) Imbalan berupa bunga
    • Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor produksi modal adalah ...
      A. (1), (2), dan (5)
      B. (1), (4), dan (5)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (2), (4), dan (5)
      E. (3), (4), dan (5)

  3. Perhatikan pernyataan berikut!
    (1) Balas jasa berupa bunga
    (2) Balas jasa berupa upah/gaji
    (3) Permintaan dari RTP
    (4) Penawaran dari RTP
    (5) Penawaran dari RTK
    • Yang merupakan ciri-ciri dari faktor produksi modal adalah ...
      A. (1), (2), dan (5)
      B. (1), (3), dan (5)
      C. (2), (3), dan (4)
      D. (2), (4), dan (5)
      E. (3), (4), dan (5)

  4. Perbedaan pasar faktor produksi modal dengan faktor produksi sumber daya alam adalah ...
    • Pasar Faktor Produksi ModalPasar Faktor Produksi Sumber Daya Alam
      A.Tempat melakukan aktivitas perusahaanMenghasilkan tingkat suku bunga
      B.Sumber peggalangan dana yang relatif besarMemperjualbelikan modal jangka pendek
      C.Memperjualbelikan sumber daya alamMenghasilkan tingkat bunga
      D.Sumber bahan baku dan penunjangMeningkatkan produktivitas alam
      E.Altenatif menanamkan dana di luar sistem perbankanBalas jasa ditentukan letak dan kesuburan

  5. Perbedaan pasar faktor produksi tenaga kerja dan pasar faktor produksi modal adalah ...
    • Pasar Faktor Produksi tenaga kerjaPasar Faktor Produksi Modal
      A.Pertemuan permintaan dan penawaran tenaga kerja menghasilkan wage Pertemuan permintaan dan penawaran modal menghasilkan tingkat interest
      B.Memperjualbelikan skill menghasilkan profitMemperjualbelikan modal menghasilkan rent/sewa
      C.Memperjualbelikan sumber daya kewirausahaan menghasilkan bungaMemperjualbelikan modal jangka pendek menghasilkan rent
      D.Memperjualbelikan sumber daya alam menghasilkan rentMemperjualbelikan modal jangka panjang menghasilkan bunga
      E.Memperjualbelikan sumber daya alam menghasilkan wageMenghasilkan tingkat suku bunga dengan menjual tenaga kerja

  6. Perbedaan pasar faktor produksi tenaga kerja dan pasar faktor produksi kewirausahaan adalah ...
    • Pasar Faktor Produksi tenaga kerjaPasar Faktor Produksi Kewirausahaan
      A.Tempat usaha diberbagai bidangTempat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan
      B.Semakin tinggi keahlian/keterampilan akan semakin tinggi balas jasaMemperjualbelikan skill menghasilkan profit/laba
      C.Sarana penyaluran tenaga kerjaAlternative sumber pembiayaan yang murah
      D.Memperoleh balas jasa berupa gajiMemperoleh balas jasa berupa bunga
      E.Tempat mempermudah memperoleh kebutuhan danaTempat untuk menambah penghasilan

Kembali ke : Kisi-Kisi UN Ekonomi IPS Jenjang SMA, MA, dan Sederajat

Demikian tadi soal-soal latihan UN ekonomi tentang pasar output dan pasar input, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar