Proyek Membuat Laporan Hasil Observasi Tentang Dinamika Penduduk
Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis proyek di kelas VII pelajaran IPS materi tentang Dinamika Kependudukan. Tugas proyek yang diberikan adalah Membuat Laporan Hasil Observasi Tentang Jumlah, Kepadatan, Pertumbuhan, dan Pendidikan Penduduk di lokasi tempat tinggal peserta didik sendiri yang dilaksanakan sebanyak 2 x pertemuan atau 2 kali tatap muka.
Sebelumnya saya sudah memposting 4 macam model pembelajaran yang memperkuat pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 dan salah satunya model pembelajaran yang saya tulis ini yaitu model pembelajaran berbasis proyek (PBP).
Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran ini nantinya terdiri dari 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan guru bersama peserta didik akan melalui kegiatan penentuan tema/topik, perancangan langkah-langkah penyelesaian, dan penyusunan jadwal kegiatan. Pada tahap pelaksanaan peserta didik akan melalui kegiatan penyelesaian dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil. Dan pada tahap akhir yaitu evaluasi guru bersama peserta didik akan melalui kegiatan evaluasi proses dan hasil.
Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Laporan Hasil Observasi Tentang Dinamika Penduduk
- Guru menyajikan video yang menunjukkan Dinamika Kependudukan Indonesia.
- Tonton video tentang persebaran penduduk
- Tonton juga video yang membahas tentang komposisi penduduk
- Guru juga menyajikan video yang menunjukkan perkembangan angka pertumbuhan penduduk Indonesia dan kualitas penduduk Indonesia.
- Peserta didik diminta mengidentifikasi informasi yang telah didapat (apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah). Peserta didik diminta untuk membuat pertanyaan tentang gambar tersebut.
- Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik.
- Bentuklah kelompok yang beranggotakan 4-5 orang yang berdekatan tempat tinggalnya!
- Tentukan lokasi untuk melakukan observasi! (pilih dari lokasi tempat tinggal salah satu anggota kelompok)
- Buatlah bahan persiapan untuk melakukan observasi, yang meliputi instrumen observasi, surat izin observasi, dan jadwal observasi!
- Lakukan observasi di tempat yang telah ditentukan sebelumnya!
- Buatlah laporan hasil observasi!
- Presentasikan laporan kalian di kelas!
- Batas waktu pengumpulan tugas 1 minggu.
- Guru membagi peserta didik menjadi lima kelompok beranggotakan 5-6 orang.
- Menentukan lokasi untuk melakukan observasi! (pilih dari lokasi tempat tinggal salah satu anggota dari masing-masing kelompok)
- Merancang bahan persiapan untuk observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk
- Membuat bahan persiapan untuk melakukan observasi, yang meliputi instrumen observasi, surat izin observasi, dan pelaporan.
- Melakukan observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk berdasarkan bahan yang telah dipersiapkan
- Guru mengawasi dan membimbing peserta didik dalam observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk di masing-masing daerah peserta didik. Tahap - 5: Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil Guru memfasilitasi Peserta didik untuk mempresentasikan dan mempublikasikan hasil karya.
- Menyusun laporan hasil observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk.
- Masing-masing kelompok secara bergantian membacakan laporannya di depan kelas sementara kelompok lain menyiapkan tanggapan dan atau pertanyaan.
- Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
- Peserta didik menyempurnakan laporan untuk dikumpulkan ke guru.
Berikut urutan langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek selengkapnya.
1. Persiapan
- Tahap - 1: Penentuan
Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema/topik.
Tema:
Dinamika Kependudukan Indonesia.
Buatlah laporan hasil observasi tentang jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk di tempat tinggal kalian. Lakukan langkah-langkah sebagai berikut.
Guru memfasilitasi Peserta didik untuk merancang langkah-langkah kegiatan penyelesaian beserta pengelolaannya dari awal sampai akhir.
Download file docs Surat Izin Observasi di sini.
Tahap - 3: Penyusunan jadwal pelaksanaanGuru senantiasa membimbing peserta didik melakukan penjadwalan semua kegiatan yang telah dirancangnya.
Jadwal kegiatan membuat laporan hasil observasi tentang jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk di tempat tinggal peserta didik
No. | Kegiatan | Waktu Pelaksanaan |
1. | Merancang bahan persiapan untuk observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk | 80 menit (Pertemuan ke 1) |
2. | Melakukan observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk berdasarkan bahan yang telah dipersiapkan. | 1 hari (Non tatap muka) |
3. | Menyusun laporan hasil observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk | 3 hari (Non tatap muka) |
4. | MMempresentasikan laporan hasil observasi jumlah, kepadatan, pertumbuhan, dan pendidikan penduduk. | 80 menit (Pertemuan ke 2) |
2. Pelaksanaan
- Tahap - 4: Penyelesaian dengan fasilitasi dan monitoring guru
Guru memfasilitasi dan memonitor peserta didik dalam melaksanakan rancangan yang telah dibuat.
3. Evaluasi
Tahap - 6: Evaluasi proses dan hasil
Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas.
Demikianlah teman-teman, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan di dalam kelas.
Kalau berminat, teman-teman dapat mendownload penerapan model pembelajaran tersebut dalam bentuk dokumen RPP berikut ini.
RPP K-13 IPS-VII: Dinamika Kependudukan Indonesia No 004
Dapatkan juga RPP IPS Kelas VII Kurikulum 2013 lainnya pada judul postingan di bawah ini.
Download Perangkat IPS Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2016