Skip to main content

Lampiran Penilaian pada RPP 1 Lembar / Halaman yang Hemat Kertas

Assalamu'alaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera bagi kita semua.
Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi format lampiran penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang hemat kertas.

Di dalam kelas, ketika melaksanakan proses pembelajaran seorang guru sebenarnya mengemban 3 peran/fungsi sekaligus yaitu sebagai pendidik, pengajar, dan pelatih. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang dinyatakan dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik secara komprehensif.

Sebagai pendidik, guru berperan merubah dan mengembangkan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif baik sikap spiritual maupun sosialnya. sebagai pengajar, guru berperan mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Kemudian sebagai pelatih, guru memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan dalam menerapkan pengetahuan baik melalui gerak fisik ataupun berbentuk abstrak yaitu keterampilan berpikir.

Mendasarkan pada Surat Edaran Kemendikbud No.14 Tahun 2019 tanggal 10 Desember 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dimana RPP dimuat hanya dengan tiga (3) komponen inti yang wajib dilaksanakan oleh guru yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment), sementara komponen lainnya bersifat pelengkap.

Kemudian melalui ketentuan tersebut memungkinkan sebuah format RPP hanya terdiri dari 1 lembar / halaman saja yang sebelumnya bisa terdiri dari beberapa lembar, tentunya ini dapat menghemat kertas (tapi, belum termasuk lampiran-lampiran). Menurut Admin, penghematan kertas ini merupakan salah satu kelebihan format RPP yang baru.

Maka dari itu, Admin juga berpikir bagaimana jikalau lampiran-lampiran yang terdapat dalam sebuah RPP itu bisa disederhanakan dan menghemat kertas. Biasanya lampiran dalam RPP itu berisi teknik dan instrumen penilaian pada 3 (tiga) ranah penilaian yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Dalam satu RPP, lampiran penilaian minimal dapat menghabiskan kertas 7 - 10 lembar setiap 1 x pertemuan per kelas, jika terdapat 25 x pertemuan per kelas, maka akan menghabiskan kertas + 175 - 250 lembar. Untuk mengurangi jumlah kertas yang dihabiskan, di sini Admin hanya memodifikasi 3 format lembar observasi dan penilaian pada ketiga ranah penialaian disatukan menjadi 1 format/lembar saja. Sehingga dalam satu RPP, lampiran penilaian hanya butuh kertas 3 - 5 lembar setiap 1 x pertemuan per kelas, jika pembelajaran dalam satu semester sebanyak 25 x pertemuan per kelas maka akan menghabiskan kertas + 75 - 125 lembar. Dengan begitu kita sudah menghemat kertas 100 - 125 lembar per kelas per semester.

Berikut gambar format lembar observasi dan penilaian yang dimaksud:

Silahkan download file kisi-kisi, butir soal, rubrik penilaian, dan lembar observasinya di bawah ini:
1. Lampiran Penilaian-Lembar Observasi
2. Kisi-kisi, Rubrik Penilaian - Lampiran Penilaian Pertemuan ke 14

Demikian postingan tentang Lampiran Penilaian dalam RPP 1 Lembar / Halaman Hemat Kertas, semoga bermanfaat wassalamu'alaikum wr.wb.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar