Skip to main content

Download Target KD dan Rumusan IPK IPS Kelas 9 Bab III Berorientasi HOTS

Pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi format target KD dan Rumusan IPK IPS kelas 9 Bab 3 yang berorientasi HOTS.

Untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, terlebih dahulu guru perlu mendesain pembelajaran secara runut dan sistematis melalui langkah-langkah sebagai berikut: menentukan dan menganalisis KD; memproyeksikan hasil analisis KD ke dalam sumbu simetri yang menggambarkan kombinasi antara dimensi pengetahuan dan proses berpikirnya; dan merumuskan indikator pencapaian kompetensi (IPK) dengan memperhatikan penggunaan Kata Kerja Operasional (KKO) yang menerapkan gradasi IPK dari tingkat rendah ke tinggi.

A. Pasangan KD dan Penetapan Target KD Pengetahuan dan Keterampilan

KD 3.3
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Target KD

  1. Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar)
  2. Menganalisis pengaruh ketergantungan antarruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

KD 4.3
Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Target KD

  1. Menyajikan hasil analisis tentang ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar)
  2. Menyajikan hasil analisis tentang pengaruh ketergantungan antarruang terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

B. Sumbu Simetri: Analisis Dimensi KD Pengetahuan

a. Tingkat Kompetensi KD
Dimensi Pengetahuan: Konseptual (C4), dan Proses Berpikir: Menganalisis (C4)

b. Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:
KKO Pendukung

  1. Menjelaskan C1 (faktual)
  2. Menjelaskan C1 (konseptual)
  3. Mengidentifikasi C1 (prosedural)
  4. Menjelaskan C2 (konseptual)
  5. Menentukan C3 (prosedural)
  6. Menyelidiki C3 (prosedural)

KKO Kunci
  1. Menghubungkan C4 (prosedural)
  2. Menganalisis C4 (Prosedural)
  3. Menelaah C4 (Prosedural)
  4. Menemukan C4 (Prosedural)

KKO Pengayaan
  1. Membandingkan C5 (prosedural)
  2. Memprediksi C5 (prosedural)

C. Rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

IPK Pendukung

  1. Menjelaskan pengertian perdagangan internasional
  2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional
  3. Menjelaskan manfaat perdagangan internasional
  4. Menjelaskan hambatan perdagangan internasional
  5. Menentukan faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasional
  6. Menjelaskan pengertian ekonomi kreatif
  7. Menjelaskan subsektor ekonomi kreatif
  8. Menyelidiki kemampuan yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produski yang dihasilkan disukai masyarakat
  9. Membedakan antara keunggulan absolute dan keunggulan komparatif
  10. Mengidentifikasi pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia
  11. Menjelaskan pengertian perdagangan bebas
  12. Mengidentifikasi organisasi ekonomi berkaitan dengan perdagangan bebas

IPK Kunci

  1. Menganalisis pengaruh (positif dan negatif) perdagangan Internasional bagi kehidupan negara
  2. Menemukan manfaat yang dirasakan pelajar dari perdagangan internasional
  3. Menghubungkan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif
  4. Menganalisis upaya peningkatan ekonomi kreatif
  5. Menemukan keunggulan negara Indonesia di bidang ekonomi
  6. Menganalisis upaya pemanfaatan keunggulan ekonomi bangsa untuk dapat bersaing di pasar internasional
  7. Menemukan pusat-pusat keunggulan ekonomi di lingkungan sekitar peserta didik
  8. Menganalisis pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat
  9. Menelaah latar belakang berdirinya organisasi perdagangan bebas ASEAN dan kawasan lainnya

IPK Pengayaan

  1. Memprediksi prospek industri kreatif bagi peningkatan ekspor Indonesia ke negara lain
  2. Membandingkan antara modal dan kreatifitas sebagai sumber daya yang paling dibutuhkan oleh seorang pengusaha

Selengkapnya silahkan buka tautan berikut untuk mendownload: Analisis KD dan Target KD Kelas 9 Bab III Genap

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar