Skip to main content

Contoh RPP 1 Halaman IPS SMP Kondisi Masyarakat Indonesia Masa Penjajahan

Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat RPP 1 lembar / halaman IPS kelas 8 buat rekan-rekan guru semua. RPP kali ini merupakan alternatif perangkat pembelajaran untuk pertemuan yang ketiga sampai dengan kelima pada Bab 4 tentang "Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan".

Sebelum diunduh silahkan dibaca terlebih dahulu uraian format RPP 1 Lembar / halaman IPS Kelas 8 semester genap berikut ini:

Identitas

Sekolah : SMP Negeri 1 Sakra Timur
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VIII ( delapan )/Genap
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (Pertemuan ke-17 s.d 19)
Sub Materi Pokok:
Kondisi Masyarakat Indonesia Masa Penjajahan

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah melaksanakan kegiatan melalui model problem based learning peserta didik mampu menjelaskan kebijakan-kebijakan pada masa penjajahan, menelaah pengaruh berbagai kebijakan penjajah bagi bangsa Indonesia; menyajikan hasil telaah pengaruh berbagai kebijakan penjajah bagi bangsa Indonesia; menampilkan sikap kerja keras, tanggung jawab, peduli, dan santun, serta rasa syukur.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran

2.1 Pendahuluan (10 menit)
Guru mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan absensi lanjut menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah pembelajaran dan tehnik penilaian.

2.2 Kegiatan Inti (@ 40 menit)
Guru menstimulus dengan menampilkan gambar atau tayangan video tentang pengaruh kebijakan penjajah di Indonesia,
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan di dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan di papan tulis. (4Cs: Creativity Thinking and Innovation)

Pertemuan ke-17
Mengumpulkan data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya dan mengolah data terkait kebijakan-kebijakan pada masa penjajahan kemudian mempresentasikan hasil observasi di depan kelas.

Pertemuan ke-18
Mengumpulkan data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya dan mengolah data terkait pengaruh monopoli dan kebijakan kerja paksa pada masa penjajahan kemudian mempresentasikan hasil observasi di depan kelas.

Pertemuan ke-19
Mengumpulkan data melalui observasi literasi dari buku paket, internet atau sumber lainnya dan mengolah data terkait pengaruh kebijakan sistem sewa tanah dan sistem tanam paksa pada masa penjajahan kemudian mempresentasikan hasil observasi di depan kelas.
(4Cs: Critical Thinking and Problem Solving; Collaboration; Communication)

2.3 Penutup (30 menit)
Membuat simpulan, refleksi, umpan balik, pesan-pesan moral kaitan sisi positif dan negatif pemerintahan penjajah, melaksanakan post test dan menyampaikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang dan berdoa.

3. Penilaian

3.1 Sikap: Observasi/Jurnal;
3.2 Pengetahuan: Tes Tulis, Penugasan;
3.3 Keterampilan: Unjuk Kerja Kegiatan diskusi dan presentasi.

Unduh disini: Contoh RPP 1 Halaman IPS SMP Kondisi Masyarakat Indonesia Masa Penjajahan

Kembali ke: Download RPP 1 Lembar IPS Kelas 8 Semester Genap

Demikian tadi Contoh RPP 1 Halaman IPS SMP Kondisi Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan untuk pertemuan ke-17 s.d 19, semoga bermanfaat dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar