Skip to main content

Membuat TTS Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif Kelas 9

Dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi perangkat TTS buat rekan guru IPS kelas 9 yang mungkin bisa menjadi alternatif penilaian di kelas dalam upaya memperkuat ingatan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari. Tema TTS kali ini adalah membahas tentang mengembangkan ekonomi kreatif. Seperti biasa di bawah postingan ini Admin telah menyediakan link download perangkat TTS lengkap beserta kunci jawabannya.

Tapi sebelumnya silahkan dibaca-baca terlebih dahulu gambaran perangkat penilaian tersebut di bawah ini.

A. Form Teka Teki Silang Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif

I. Mendatar

    Berikut pertanyaan mendatar:
    2. Tujuan utama pemerintah melakukan upaya-upaya meningkatkan ekonomi kreatif
    5. Di Indonesia budaya berpotensi sebagai bahan baku atau modal ekonomi kreatif karena budaya Indonesia terdapat ....
    10. Pawai dalam rangka pesta perayaan dan mengetengahkan berbagai hasil inovasi kepada masyarakat
    12. Peranti lunak, dapat berupa sistem pengolahan data dan pengembangan database
    14. Usaha inovasi yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru
    16. Pesta rakyat atau pekan raya gembira dalam rangka memperingati peristiwa penting dan bersejarah, diselenggarakan sebagai wahana mempromosikan ekonomi kreatif
    17. Kegiatan yang berkaian dengan kreasi desain pakaian
    23. Subsektor ekonomi kreatif berupa kegiatan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital
    25. Memiliki sifat bersaing untuk merebut posisi terbaik dalam kehidupan di tengah-tengah masyarakat tertentu
    27. Subsektor ekonomi kreatif yang menghasilkan produk konkret berbahan baku batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, bambu, kayu, rotan, logam, kaca, porselen, kain, marmer, tanah liat, dan kapur
    28. Subsektor ekonomi kreatif yang berkaitan dengan kreasi rancangan grafis, interior, jasa riset pemasaran, serta produksi kemasan dan jasa pengepakan
    29. Kegiatan membangun dan membesarkan citra dan identitas sebuah merek yang sedia ada
    30. Orang-orang yang memiliki kemampuan melihat dan menangkap peluang bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan, dan mengambil tindakan yang tepat, serta memastikan keberhasilan

II. Menurun

    Berikut pertanyaan menurun:
    1. Sistem ekonomi Indonesia yang menyediakan ruang bagi masyarakat untuk aktif dalam kegiatan ekonomi
    3. Ekonomi Kreatif
    4. Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya (Supriadi, 2001:7)
    6. Mengenalkan sesuatu yang bersifat baru
    7. Industri kreatif dalam bidang usaha memproduksi dan mengemas siaran televisi maupun radio
    8. Pasar di Solo yang terkenal dengan produk batiknya sehingga banyak dikunjungi masyarakat daerah lain dan mancanegara untuk berbelanja
    9. Sektor industri kreatif yang paling banyak menyerap tenaga kerja
    11. Usaha pengembangan konten dan produksi pertunjukkan
    13. Program pemerintah meningkatkan kemampuan pelaku ekonomi kreatif melalui kerjasama dengan institusi tertentu misalnya kegiatan capacity building, Training of trailer (ToT), dan lain-lain
    15. Bentuk pemberian pemerintah untuk mendorong kreatifivitas dan inovasi bagi pelaku industri kreatif misalnya dengan pengurangan hingga pembebasan pajak
    18. Kegiatan ekonomi kreatif yang berkaitan dengan jasa riset pasar, pemasangan berbagai poster, dan gambar penyebaran selebaran, pamflet , edaran, brosur, dan media reklame
    19. Subsektor ekonomi kreatif yang berkaitan dengan desain bangunan meliputi kegiatan perencanaan, konservasi, ataupun pengawasan konstruksi
    20. Ruangan atau gedung yang digunakan sebagai sarana memasarkan berbagai hasil karya seni
    21. Salah satu kegiatan pokok Pekan Produk Kreatif Indonesia ( PPKI) berbentuk acara konferensi tokoh masyarakat dengan tujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan produk industri kreatif
    22. Subsektor ekonomi kreatif berupa permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan pendidikan
    24. Hak Kekayaan Intelektual
    26. Sumber daya/faktor produksi

Kembali ke postingan :
Kumpulan Teka-Teki Silang (TTS) Materi IPS SMP/MTs.

B. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi Teka Teki Silang Materi Mengembangkan Ekonomi Kreatif

    Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman di bawah ini:
    Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 30 kunci jawaban masing-masing 13 mendatar dan 17 menurun maka skornya menjadi 30. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
    Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100

Silahkan download perangkat TTS beserta kunci jawabannya: Di sini!

Demikianlah tadi contoh TTS materi kelas 9 Mengembangkan Ekonomi Kreatif, mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar