Pemecahan Masalah Ekonomi dalam Sistem yang Berbeda
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Adik-adik pelajar SMA MA dan sederajatnya, pokok materi soal UN ekonomi kali ini adalah membahas tentang pemecahan masalah ekonomi dalam sistem yang berbeda. Jadi silahkan dijawab contoh soal berikut di bawah.
Pemerintah di satu sisi menginginkan perekonomian negaranya menunjukkan adanya peningkatan setiap tahunnya. Melalui pengelolaan sumber daya ekonomi yang dimiliki secara maksimal memungkinkan terjadinya peningkatan produksi dan pendapatan secara nasional. Namun di sisi lain, pemerintah harus mempertimbangkan aspek lainnya seperti aspek sosial, budaya, dan kelestarian alam.
Selain tercantum dalam penjelasan Pasal 33 UUD 1945, demokrasi ekonomi tercantum dalam Tap MPRS No. XXII/MPRS/1966 sebagai cita-cita sosial. Selanjutnya, setiap Tap MPR tentang GBHN mencantumkan demokrasi ekonomi sebagai dasar pelaksanaan pembangunan.
Contoh soal Pemecahan Masalah Ekonomi dalam Sistem yang Berbeda
Sekarang silahkan adik-adik jawab contoh soal di bawah ini:
1. Masyarakat yang hidup di pedalaman Indonesia dapat melaksanakan aktivitas kehidupan ekonominya dengan tenang karena mereka tidak dibebani dengan target-target khusus yang harus mereka capai. Agar usaha pemerintah dalam mengembangkan kehidupan ekonomi masyarakat pedalaman tersebut dan melakukan pemerataan pembangunan dapat berhasil, maka peranan masyarakat yang hidup di pedalaman adalah ....
- A. menolak adanya teknologi modern yang disediakan pemerintah
- Hidup terutama dari sektor pertanian (agraris)
- Belum ada pembagian kerja (spesialisasi)
- Tidak memiliki keterampilan khusus
- Perdagangan masih dengan sistem barter
- Teknologi yang digunakan masih sederhana
B. memperbesar modal dengan melakukan pinjaman pada pemerintah
C. tetap mempertahankan teknik produksi sederhana karena lebih mudah untuk dilakukan
D. saling bekerjasama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan tanpa adanya spesialisasi
E. bersedia menerima alat pembayaran lain selain barang
Pembahasan Soal
Masyarakat pedalaman hidup secara tradisional mengikuti cara hidup nenek moyang mereka secara turun temurun. Kehidupannya tenang dan bersahaja karena mereka tidak dibebani dengan target-target khusus yang harus mereka capai. Adapun ciri-ciri masyarakat tradisional adalah sebagai berikut:
Jadi peranan masyarakat yang hidup di pedalaman adalah tetap mempertahankan teknik produksi sederhana karena lebih mudah untuk dilakukan.
Jawaban C
2. Desa Rindang terletak di kaki gunung yang subur. Setiap pagi hari penduduknya berangkat ke sawah dan ke kebun untuk bercocok tanam baik tanaman padi, palawija, maupun tanaman lainnya. Para petani membajak sawah menggunakan kerbau dan ada juga yang beternak ikan. Hal ini ditunjang dengan air jernih yang mengalir di sungai-sungai yang bersumber dari pegunungan. Mereka baru pulang setelah memasuki waktu sore hari.
Proyeksi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi dari ilustrasi di atas adalah ....
- A. kepala desa dan para warganya mengadakan rapat untuk menjadikan Desa Rindang sebagai kawasan wisata agro pendidikan
- Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
- Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
- Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
- Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efesiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
- Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan pemufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat.
- Warga memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan dan penghidupan yang layak.
- Hak milik perseorangan diakui pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
- Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
- Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.
- Sistem "Free Fight Liberalism", yang menumbuhkan eksploitasi manusia dan bangsa lain.
- Sistem "Etatisme", negara sangat dominan serta mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
- Pemusatan kekuatan ekonomi pada suatu kelompok dalam bentuk monopoli yang merugikan masyarakat.
B. kepala desa mengajak warganya untuk menjual lahan miliknya kepada investor yang mampu mengembangkan potensi yang ada di Desa Rindang
C. mengubah kawasan Desa Rindang menjadi lahan industri yang menghasilkan berbagai barang/jasa sehingga masyarakat bekerja di perusahaan tersebut
D. meminta pemerintah daerah mengembangkan pariwisata dan industri di lahan milik warga agar memperoleh hasil pertanian dan upah buruh
E. menetapkan hanya satu jenis komoditas yang dihasilkan Desa Rindang sementara komoditas lain tidak diproduksi, seperti padi untuk lumbung padi nasional
Pembahasan Soal
Selain tercantum dalam penjelasan Pasal 33 UUD 1945, demokrasi ekonomi tercantum dalam Tap MPRS No. XXII/MPRS/1966 sebagai cita-cita sosial dengan ciri-cirinya. Selanjutnya, setiap Tap MPR tentang GBHN mencantumkan demokrasi ekonomi sebagai dasar pelaksanaan pembangunan dengan ciri-ciri positif yang selalu harus dipupuk dan dikembangkan. Ciri-ciri positif diuraikan dalam poin-poin berikut:
Adapun ciri negatif yang harus dihindari dalam sistem perekonomian kita karena bersifat kontradiktif dengan nilai-nilai dan kepribadian bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.
Jadi proyeksi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi diri masyarakat Desa Rindang adalah kepala desa dan para warganya mengadakan rapat untuk menjadikan Desa Rindang sebagai kawasan wisata agro pendidikan.
Jawaban A
3. Reza tinggal di Desa Sukatani yang memiliki lahan subur yang bisa digunakan untuk budidaya berbagai tanaman, akan tetapi belum termanfaatkan secara maksimal. Sebagai seorang pemuda desa yang berpikiran kreatif, Reza ingin faktor produksi produksi yang ada di desanya tersebut lebih bermanfaat, menguntungkan dan memperkuat swasembada pangan.
Proyeksi yang paling tepat yang dilakukan Reza adalah ....- A. mengajak pemuda sedesanya mencari tahu tanaman paling cocok di daerahnya untuk selanjutnya dibudidayakan
B. mencari informasi tentang kemungkinan menanam jenis tanaman tertentu dan melakukan penelitian untuk selanjutnya dipresentasikan kepada masyarakat desa
C. mencari pemodal yang bersedia membudidayakan lahan agar pemuda desanya bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan dari budidaya tanaman pangan
D. mengubah lahan di desanya untuk dijadikan lahan perumahan atau industri sehingga harga jualnya menjadi lebih meningkat dibanding lahan pertanian
E. membagi-bagi lahan di desanya untuk masyarakat terutama anak muda yang bersedia memanfaatkan lahan tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing
Pembahasan Soal
A. mengajak pemuda sedesanya mencari tahu tanaman paling cocok di daerahnya untuk selanjutnya dibudidayakan. Kurang tepat karena Desa Sukatani sudah memiliki lahan yang subur cocok untuk berbagai tanaman
B. mencari informasi tentang kemungkinan menanam jenis tanaman tertentu dan melakukan penelitian untuk selanjutnya dipresentasikan kepada masyarakat desa. Kurang tepat
C. mencari pemodal yang bersedia membudidayakan lahan agar pemuda desanya bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan dari budidaya tanaman pangan. Kurang tepat karena akan menguntungkan suatu kelompok tertentu
D. mengubah lahan di desanya untuk dijadikan lahan perumahan atau industri sehingga harga jualnya menjadi lebih meningkat dibanding lahan pertanian. Kurang tepat karena akan menguntungkan suatu kelompok tertentu
E. membagi-bagi lahan di desanya untuk masyarakat terutama anak muda yang bersedia memanfaatkan lahan tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing. Paling tepat karena memungkinkan terjadinya diversifikasi/penganekaragaman produksi pangan
Jadi, proyeksi yang paling tepat yang dilakukan Reza adalah membagi-bagi lahan di desanya untuk masyarakat terutama anak muda yang bersedia memanfaatkan lahan tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing
Jawaban E
Kembali ke : Kisi-Kisi UN Ekonomi IPS Jenjang SMA, MA, dan Sederajat
Demikian pembahasan soal pemecahan masalah ekonomi dalam sistem yang berbeda mudah-mudahan dapat dipahami.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.