Soal Penilaian Harian 1 IPS Kelas 9 Semester Ganjil
Pada kesempatan kali ini Admin akan berbagi seperangkat soal Penilaian Harian 1 (PH-1) mata pelajaran IPS Kelas 9 semester ganjil. Kompetensi yang diujikan pada penilaian ini adalah kemampuan peserta didik dalam menelaah perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia, dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan, dan politik.
Teknik penilaian menggunakan tes tulis, dengan bentuk instrumen adalah tes pilihan ganda dan essay/uraian. Rincian jumlah soal masing-masing yaitu pilihan ganda sebanyak 30 butir dan uraian sebanyak 3 butir.
Perangkat penilaian harian ini diharapkan dapat menjadi bahan perbandingan atau mungkin tambahan bagi guru IPS dalam menyusun dan mempersiapkan pelaksanaan penilaian harian di sekolah. Atau bagi siswa, dapat menjadi bahan belajar dan latihan menjawab soal-soal IPS.
Untuk memudahkan penggunaan perangkat penilaian ini, Admin lengkapi di bawahnya dengan kunci jawaban, pedoman penskoran, dan indikator soal.
Untuk itu langsung saja dibaca perangkat penilaian harian 1 mata pelajaran IPS kelas 9 berikut ini!
A. Soal Pilihan Ganda
- Pengertian Benua yang sebenarnya adalah ... (C1)
- Selain fisik aspek yang menjadi penentu pembagian benua adalah ... (C1)
- Benua paling kecil dan paling luas masing-masing adalah ... (C2)
- Benua yang berada pada garis lintang 0 derajat atau yang dilewati garis khatulistiwa antara lain ... (C3)
- Dua benua yang merupakan satu daratan yang dibatasi oleh Pegunungan Ural, Selat Dardanela, dan Laut Kaspia adalah ... (C1)
- Batas wilyah Jepang di sebelah Barat adalah ... (C1)
- Musim di Jepang yang berlangsung pada bulan Juni sampai dengan September dengan ciri-ciri pohon-pohon menghijau, suara serangga ribut, dan selama sebulan penuh sekolah diliburkan adalah ... (C1)
- Di daerah pantai barat Inggris curah hujan lebih besar dibandingkan dengan daerah pantai lainnya. Hal ini disebabkan karena ... (C3)
- Kota di Australia berikut yang terletak pada wilayah iklim tropis adalah ... (C1)
- Bagian bentuk muka bumi Australia yang terdiri atas lembah atau jurang yang curam akan tetapi merupakan wilayah paling subur terdapat di ... (C1)
- Pegunungan di bagian timur Amerika Serikat yang membentang hampir sejajar Samudera Atlantik sejauh 2.400 km adalah ... (C1)
- Daerah depresi kontinental atau permukaan daratan yang letaknya lebih rendah dari permukaan laut di Mesir adalah ... (C1)
- Pohon yang banyak ditemukan di Inggris antara lain ... (C1)
- Flora dan fauna di Benua Australia memiliki banyak keunikan, hal ini disebabkan ... (C3)
- Perhatikan gambar fauna berikut!
Keterangan gambar:
1. Tasmania Devil atau Setan Tasmania (cdn[dot]photoshelter[dot]com)
2. Kanguru (2[dot]bp[dot]blogspot[dot]com)
3. Antelope (ww4[dot]hdnux[dot]com/photos/34/06/70/736824/3/920x920[dot]jpg)
4. Bison (blogs[dot]discovermagazine[dot]com/d-brief/files/2015/03/shutterstock_120971281[dot]jpg)
Lihat gambar!
Nama fauna dan asal negara yang tepat pada nomor 3 adalah ... (C2) - Penyebab utama berkurangnya flora dan fauna di Inggris dan bahkan ada yang punah adalah karena adanya ... (C2)
- Sebutan nama Fellahin pada sebagian penduduk Mesir ditujukan kepada ... (C1)
- Benua dengan jumlah pertambahan penduduk terbesar adalah ... (C1)
- Persebaran penduduk di Asia masih tidak merata. Wilayah dengan jumlah dan kepadatan penduduk yang dominan adalah berada di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan sedangkan wlayah pedalaman Asia relatif sedikit dan masih jarang. Jumlah dan kepadatan penduduk yang tidak merata tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini yang bukan penyebab wilayah pedalaman Asia memiliki jumlah dan kepadatan penduduk lebih sedikit dibandingkan wilayah lainnya adalah ... (C4)
- Berdasarkan indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM), negara di Asia berikut yang masuk kelompok dengan penduduk berkualitas sangat tinggi adalah ... (C1)
- Ras yang mendominasi di wilayah Asia Utara dan Asia Tengah adalah ... (C1)
- Benua yang memiliki angka kelahiran paling rendah adalah ... (C1)
- Benua yang mengalami pertambahan penduduk terbesar dari faktor migrasi adalah ... (C2)
- Agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Afrika Barat dan Utara adalah ... (C1)
- Benua dengan distribusi penduduk yang relatif merata terdapat di ... (C1)
- Negara di benua Amerika yang memiliki budaya yang sangat beragam adalah ... (C1)
- Benua berikut yang memiliki angka migrasi negatif adalah... (C3)
- Dengan maraknya konversi lahan dan terbentuknya kota-kota baru di Asia memicu terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota. Berikut ini yang bukan merupakan faktor pendorong perpindahan penduduk dari desa ke kota adalah ... (C4)
- Perhatikan aktivitas masyarakat dunia berikut ini!
- Memberikan bantuan bea siswa bagi penduduk negara berkembang oleh beberapa universitas di dunia
- Perayaan menyambut tahun baru di tempat-tempat umum dan terbuka
- Mengimpor barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri
- Meniru gaya rambut dan fashion dari negara-negar luar
- Kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi telah memberikan kemudahan di segala bidang kehidupan manusia. Misalnya, melalui fasilitas internet masyarakat dapat dengan muah saling memperkenalkan potensi pariwisata masing-masing sehingga menarik wisatawan mancanegara.
Pengaruh yang ditimbulkan akibat perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara di atas merupakan pengaruh dalam bidang kehidupan ... (C4)
- A. Hamparan lautan yang mengelilingi massa daratan luas
B. Massa daratan yang dikelilingi samudera di sekitarnya
C. Satu massa daratan yang sangat luas dan menyatu
D. Satu massa daratan yang memiliki ciri dan karakteristik tertentu
- A. Ekonomi
B. Budaya
C. Politik
D. Pendidikan
- A. Asia - Afrika
B. Eropa - Afrika
C. Amerika - Eropa
D. Australia - Asia
- A. Asia, Amerika, dan Eropa
B. Asia, Afrika, dan Eropa
C. Asia, Amerika, dan Afrika
D. Asia, Australia, dan Amerika
- A. Amerika dan Eropa
B. Asia dan Australia
C. Asia dan Eropa
D. Amerika dan Afrika
- A. Laut Okhstosk
B. Samudera Pasifik
C. Laut China Timur
D. Korea dan Rusia
- A. Musim panas
B. Musim gugur
C. Musim dingin
D. Musim semi
- A. berada di dekat Samudera Atlantik
B. masuk daerah iklim tropis
C. berbatasan dengan Laut Utara
D. suhu udaranya lebih tinggi
- A. Adelaide
B. Sydney
C. Canberra
D. Darwin
- A. Dataran Pantai
B. Dataran Rendah Tengah
C. Dataran Tinggi Timur
D. Plato
Dapatkan file doc. kisi-kisi soal perangkat penilaian ini dan kisi-kisi soal penilaian lainnya:
Buka di sini!
- A. Rocky
B. Appalachia
C. Missouri
D. Missisippi
- A. Lembah Sungai Nil
B. Gurun Libya
C. Semenanjung Sinai
D. Gurun Arabia
- A. Pohon lontar dan palma
B. Pohon ek dan elm
C. Pohon eukaliptus dan akasia
D. Pohon konifer dan pinus
- A. pengembangan flora dan fauna menggunakan teknologi
B. flora dan fauna Australia banyak didatangkan dari berbagai benua
C. letak Australia yang terisolasi dari wilayah benua lainnya
D. flora dan fauna Australia tidak dapat dikembangkan ke benua yang lain
- A. Bison - Inggris
B. Kanguru - Mesir
C. Antelope - Amerika Serikat
D. Setan Tasmania - Australia
- A. perburuan liar
B. kebakaran hutan
C. konversi lahan
D. terserang penyakit
- A. penduduk yang berkulit putih
B. orang keturunan Arab
C. suku Mesir Kuno
D. para petani tradisional
- A. Asia
B. Amerika
C. Australia
D. Afrika
- A. di daerah pedalaman Asia memiliki suhu udara yang ekstrim sehingga banyak penduduk yang meninggal
B. kesulitan dalam melakukan interaksi dengan wilayah lainnya karena masalah akses masuk
C. faktor letak yang tidak strategis dengan posisi wilayah yang sulit untuk dijangkau
D. memiliki perkembangan kebudayaan dan teknologi yang masih rendah dibandingkan dengan wilayah lainnya
- A. Indonesia
B. Brunei Darussalam
C. India
D. Nepal
- A. Negroid
B. Mongoloid
C. Kaukasoid
D. campuran
- A. Asia
B. Amerika
C. Eropa
D. Afrika
- A. Eropa
B. Asia
C. Amerika
D. Australia
- A. Kristen
B. Islam
C. Hindu
D. Budha
- A. Amerika
B. Eropa
C. Afrika
D. Australia
- A. Amerika Serikat
B. Kanada
C. Brazil
D. Argentina
- A. Asia
B. Australia
C. Afrika
D. Eropa
- A. banyaknya peluang kerja dan kesempatan berusaha di kota-kota Asia
B. terbentuknya gurun dan intrusi atau masuknya air laut ke daratan
C. sering terjadi konflik dan pertentangan antar desa-desa di Asia
D. tingkat kriminalitas di perkotaan relatif lebih rendah daripada di desa
- A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
- A. ekonomi
B. sosial
C. budaya
D. pendidikan
B. Soal Essay
- Sebutkan 5 (lima) negara yang berada di Asia Selatan! (C1)
- Jepang memiliki sumber daya mineral yang sangat terbatas, kalaupun ada tidak dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri. Bagaimanakah cara Jepang mengatasi masalah keterbatasan sumber daya mineral tersebut? (C2)
- Jelaskan 3 (tiga) indikator kualitas penduduk suatu negara berdasarkan Human Development Index (HDI)! (C2)
Baca juga: PH2 IPS Kelas 9 Bab Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
C. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
- Negara-negara di Asia Selatan antara lain: India, Sri lanka, Bangladesh, Pakistan, Afganistan, Bhutan, Nepal, dan Maladewa. (2) (5)
- Upaya yang dilakukan Jepang untuk menutupi kekurangan sumber daya mineral adalah dengan melakukan impor bahan mineral mentah dari luar negeri kemudian mengolahnya menjadi barang yang bernilai tinggi. (4) (10)
- Terdapat tiga indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam mengukur kualitas penduduk suatu negara, yaitu: 1) kesehatan; 2) pendidikan; dan 3) pendapatan per kapita. (4) (10)
Kunci Jawaban Pilihan Ganda
No. | Kunci | Skor | Nilai |
1. | D | 1 | 2,5 |
2. | B | 1 | 2,5 |
3. | D | 1 | 2,5 |
4. | C | 1 | 2,5 |
5. | C | 1 | 2,5 |
6. | D | 1 | 2,5 |
7. | A | 1 | 2,5 |
8. | A | 1 | 2,5 |
9. | D | 1 | 2,5 |
10. | C | 1 | 2,5 |
11. | B | 1 | 2,5 |
12. | B | 1 | 2,5 |
13. | B | 1 | 2,5 |
14. | C | 1 | 2,5 |
15. | C | 1 | 2,5 |
16. | C | 1 | 2,5 |
17. | D | 1 | 2,5 |
18. | A | 1 | 2,5 |
19. | A | 1 | 2,5 |
20 | B | 1 | 2,5 |
21. | C | 1 | 2,5 |
22. | C | 1 | 2,5 |
23. | D | 1 | 2,5 |
24. | B | 1 | 2,5 |
25. | B | 1 | 2,5 |
26. | A | 1 | 2,5 |
27. | A | 1 | 2,5 |
28. | D | 1 | 2,5 |
29. | C | 1 | 2,5 |
30. | B | 1 | 2,5 |
JUMLAH PG | 30 | 75 |
Kunci Jawaban Uraian
Jumlah skor dan nilai soal uraian adalah masing-masing (10) dan (25). Jadi total skor dan nilai PG dan uraian adalah masing-masing (40) dan (100).
Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 40 ) x 100 |
D. Indikator Soal
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian benua. (C1)
- Peserta didik dapat menjabarkan pengertian benua. (C2)
- Peserta didik dapat membandingkan luas satu benua dengan benua lainnya. (C2)
- Peserta didik dapat mengklasifikasi posisi benua pada garis lintang. (C3)
- Peserta didik dapat menentukan persamaan letak geografis benua Asia dan Eropa. (C3)
- Peserta didik dapat menunjukkan letak geografis negara Jepang. (C1)
- Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri musim panas di Jepang. (C1)
- Peserta didik dapat menganalisis penyebab daerah pantai barat Inggris memiliki curah hujan tinggi. (C4)
- Peserta didik dapat menentukan iklim berbagai wilayah di Australia. (C3)
- Peserta didik dapat menjelaskan bentuk muka bumi negara Australia. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan bentuk muka bumi negara Amerika Serikat. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan bentuk muka bumi negara Mesir. (C2)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi flora negara Inggris. (C1)
- Peserta didik dapat menyelidiki penyebab flora dan fauna Australia memiliki banyak keunikan. (C3)
- Dengan menampilkan gambar fauna peserta didik dapat menentukan nama fauna dan asal negaranya. (C3)
- Peserta didik dapat menganalisis penyebab berkurangnya flora dan fauna di negara Inggris. (C3)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi kondisi penduduk negara Mesir. (C1)
- Peserta didik dapat membandingkan tingkat pertambahan penduduk antar benua. (C2)
- Melalui ilustrasi peserta didik dapat menganalisis faktor penyebab wilayah pedalaman Asia memiliki jumlah dan kepadatan penduduk sedikit. (C4)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi negara yang memiliki kualitas penduduk sangat tinggi di Asia. (C1)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi ras dominan di Asia Utara dan Asia Tengah. (C1)
- Peserta didik dapat membandingkan angka kelahiran antar benua. (C2)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi benua yang mengalami pertambahan penduduk terbesar dari faktor migrasi. (C1)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk di beberapa region Afrika. (C1)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi distribusi penduduk Eropa. (C1)
- Peserta didik dapat mengidentifikasi distribusi budaya penduduk benua Amerika. (C1)
- Peserta didik dapat membandingkan angka migrasi benua Afrika dan benua lainnya. (C3)
- Peserta didik dapat menganalisis faktor pendorong terjadinya perpindahan penduduk dari desa ke kota-kota di Asia. (C4)
- Peserta didik dapat mengklasifikasi pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap berbagai aspek kehidupan. (C3)
- Peserta didik dapat menganalisis pengaruh perubahan ruang dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan sosial. (C4)
Indikator Soal Pilihan Ganda
- Peserta didik dapat menyebutkan region Benua Asia dan negara-negara di dalamnya. (C1)
- Peserta didik dapat menjelaskan cara Jepang mengatasi masalah keterbatasan sumber daya mineral yang dimiliki. (C2)
- Peserta didik dapat menjelaskan indikator kualitas penduduk suatu negara berdasarkan HDI/IPM. (C2)
Indikator Soal Uraian
Demikianlah tadi perangkat Soal Penilaian Harian 1 mata pelajaran IPS Kelas 9 semester ganjil mudah-mudahan bermanfaat, dan terima kasih.