Penilaian Tengah Semester Genap IPS Kelas 7
Pada kesempatan kali ini Admin akan menyajikan sebuah perangkat penilaian tengah semester genap IPS kelas 7 kurikulum 2013. Pokok bahasan yang dinilai adalah materi bab 3 tentang "Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan" yang terdiri dari 11 indikator.
Sengaja Admin susun perangkat ini karena kegiatan belajar mengajar yang akan mencapai masa pertengahan dan harapan Admin kepada Bapak/Ibu rekan guru IPS atau siapa saja yang menemukan postingan ini dapat memanfaatkan kumpulan soal ini sebagai referensi atau dapat pula digunakan sebagai bahan penyusunan penilaian untuk Bapak/Ibu guru sendiri di sekolah masing-masing.
Perangkat penilaian tengah semester genap ini Admin susun menjadi 2 versi. Pada versi 1 yaitu penilaian tengah semester yang hanya terdiri atas instrumen soal pilihan ganda sebanyak 40 butir dan versi 2-nya terdiri atas instrumen soal essay saja sebanyak 10 butir. Jadi silahkan dipilih atau dirubah sendiri sesuai kebutuhan dan kondisi di sekolahnya.
Baiklah, langsung saja dibaca perangkat soalnya di bawah ini!
Soal Penilaian Tengah Semester Genap Versi 1
A. Soal Pilihan Ganda
- Hampir semua kegiatan dalam hidup manusia memiliki hubungan erat dengan kehidupan manusia lain, karena itulah manusia disebut...
- Keterbatasan alat pemuas kebutuhan dalam ilmu ekonomi disebut...
- Kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa jumlahnya tidak terbatas sedangkan kemampuan sumber daya yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan jumlahnya terbatas. Tindakan yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah...
- Masyarakat yang hidup di daerah pegunungan cenderung membutuhkan rumah dengan kondisi ruangan lebih tertutup untuk mengurangi dinginnya cuaca. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan dipengaruhi oleh...
- Barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan disebut...
- Barang produksi dan barang konsumsi merupakan alat pemuas kebutuhan yang dikelompokkan menurut...
- Perhatikan daftar alat pemuas kebutuhan berikut ini!
- Alasan yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi disebut...
- Contoh kegiatan yang menunjukkan tindakan ekonomi adalah...
- Budiman adalah seorang siswa yang rajin. Ia tidak tanggung-tanggung mengorbankan uang belanjanya hanya untuk membeli kebutuhan sekolahnya. Budiman belajar keras dengan harapan bisa menyenangkan hati orang tuanya karena mendapat juara di kelas. Tindakan Budiman tersebut didasari motif...
- Berikut contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi!
- Berikut adalah faktor-faktor produksi kecuali...
- Berikut ini yang termasuk kegiatan produksi adalah...
- Tujuan manusia melakukan produksi adalah...
- Kegiatan ekspor barang ke luar negeri termasuk kegiatan...
- Berikut adalah kegiatan ekonomi masyarakat!
- Kegiatan berikut yang termasuk distribusi langsung adalah...
- Faktor berikut yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang adalah...
- Tindakan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan atau jasa disebut...
- Contoh kegiatan konsumsi yang menghabiskan nilai guna suatu barang adalah...
- Kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu disebut...
- Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran!
- Harga yang disepakati pihak penjual dan pembeli setelah melalui proses tawar menawar disebut...
- Berdasarkan gambar berikut yang merupakan kurva permintaan adalah...
- Unsur-unsur yang harus dipenuhi sehingga terbentuknya suatu pasar adalah...
- Pasar yang berfungsi sebagai pembentukan harga ditunjukkan dengan...
- Berikut ini contoh pasar konkrit dan pasar abstrak!
- Pasar berperan penting bagi konsumen, yaitu sebagai tempat untuk...
- Berikut adalah dampak IPTEK bagi manusia!
- Berikut yang menggambarkan dampak positif perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia adalah...
- Perkembangan IPTEK yang dapat mempermudah, memperlancar, dan mempercepat penyaluran barang kepada konsumen merupakan peran IPTEK dalam kegiatan...
- Dahulu masyarakat menggunakan minyak tanah sebagai bahan penerang rumah. Sekarang dengan adanya kemajuan IPTEK masyarakat lebih senang menggunakan listrik sebagai bahan penerang rumah karena lebih terang dan dapat dimanfaatkan pada penggunaan lainnya. Ilustrasi di atas sesuai dengan peran IPTEK bagi...
- Sikap kreativitas yang ditunjukkan seorang petani di bawah ini adalah...
- Berikut adalah hambatan-hambatan menjadi seorang kreatif, kecuali...
- Manfaat inovasi dalam kegiatan ekonomi adalah...
- Seorang wirausaha patut diteladani karena mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali...
- Berikut yang bukan merupakan peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah...
- Pada daerah yang memiliki sumber daya melimpah akan terjadi...
- Daerah yang memiliki kelebihan hasil produksi dibandingkan daerah lainnya sebaiknya melakukan...
- Berikut yang merupakan perilaku bijaksana dalam pemanfaatan sumber daya adalah...
Pilihlah opsi jawaban A, B, C, atau D yang kamu anggap paling benar!
3.3.1 Menjelaskan Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia
- A. makhluk lemah
B. makhluk ekonomi
C. makhluk sosial
D. makhluk individu
- A. kebutuhan
B. kekurangan
C. kemiskinan
D. kelangkaan
- A. memenuhi kebutuhan menurut skala prioritas
B. menghindari pembelian barang dan jasa
A. melakukan pinjaman uang ke tetangga
D. lebik baik menabung uang di bank
3.3.2 Menyebutkan Jenis-jenis Kebutuhan Manusia
- A. kebudayaan masyarakat
B. lingkungan tempat tinggal
C. perbedaan selera
D. kemajuan IPTEK
- A. barang mentah
B. barang jadi
C. barang ekonomi
D. barang bebas
- A. tujuan penggunaannya
B. hubungannya dengan barang lain
C. kelangkaan atau cara memperolehnya
D. proses pembuatannya
- (1) pasta gigi
(2) sikat gigi
(3) kompor gas
(4) pemasak listrik
(5) tong gasYang termasuk benda saling mengganti (substitusi) adalah...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
3.3.3 Menjelaskan Hubungan antara Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi
- A. kegiatan ekonomi
B. motif ekonomi
C. prinsip ekonomi
D. hukum ekonomi
- A. Anja bersepeda santai di pagi hari
B. Wahyuni membantu ibu menjual sayur di pasar
C. Doni bermain bola basket bersama temannya
D. Ilma sedang membersihkan halaman rumah
- A. memenuhi kebutuhan
B. berbuat sosial
C. mendapatkan penghargaan
D. memperoleh kekuasaan
- (1) menggunakan tenaga kerja dengan upah murah
(2) menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran
(3) menggunakan barang dengan mutu baik
(4) menggunakan bahan mentah yang bermutu baik
(5) harus hemat untuk menekan biaya produksiYang tergolong penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
3.3.4 Menjelaskan Kegiatan Produksi
- A. barang/jasa
B. tenaga kerja
C. modal
D. kewirausahaan
- A. Ibu memasak nasi di dapur
B. Petani menanam cabai di sawah
C. Adik membeli es krim bersama teman
D. Arman membeli pulpen di koperasi sekolah
- A. memperoleh laba/keuntungan
B. memenuhi kebutuhan hidup
C. memperoleh barang/jasa yang diinginkan
D. menghabiskan nilai guna barang
3.3.5 Menjelaskan Kegiatan Distribusi
- A. kerjasama ekonomi
B. distribusi tidak langsung
C. konsumsi internasional
D. produksi masyarakat asing
- (1) Perusahaan menghasilkan barang kebutuhan sehari-hari
(2) Pengusaha karet mengekspor barang ke Jerman
(3) Perusahaan sepatu mengangkut hasil produk ke setiap pedagang resminya
(4) Pabrik tekstil menerima penambahan karyawan baru
(5) Pedagang souvenir menjual barang di berbagai tempat lokasi pariwisataYang termasuk kegiatan distribusi adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
- A. Aluh berkeliling kampung menjual tahuisi buatan ibunya
B. Pada musim panen petani menjual hasilnya kepada tengkulak
C. Pengusaha roti menjual produknya ke pengecer
D. Pengrajin sepatu menjual produknya di koperasi
3.3.6 Menjelaskan Kegiatan Konsumsi
- A. pajak
B. biaya produksi
C. kemajuan teknologi
D. pendapatan
- A. produksi
B. distribusi
C. konsumsi
D. nutrisi
- A. Seorang ayah membelikan anaknya sepeda baru
B. Bu Susi baru pulang membeli perabot rumah
C. Bintang dan sekeluarga makan di warung makan
D. Habib membeli atribut pramuka di koperasi
Sampai di sini mungkin teman-teman juga tertarik melihat perangkat penilaian berikut yang memiliki indikator sama dengan soal-soal di atas yaitu:
Genap: pelaksanaan penilaian harian 1 (PH-1) IPS kelas VII.
3.3.7 Menjelaskan Kaitan antara Permintaan, Penawaran dan Harga
- A. keinginan
B. kebutuhan
C. permintaan
D. penawaran
- (1) pendapatan
(2) biaya produksi
(3) teknologi
(4) jumlah penduduk
(5) bencana alamFaktor yang mempengaruhi penawaran adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
- A. harga pasar
B. jumlah pasar
C. harga jual
D. harga beli
3.3.8 Menjelaskan Peran Pasar bagi Kehidupan Masyarakat
- A. lokasi, pengusaha, karyawan, barang/jasa
B. penjual, pembeli, barang/jasa, interaksi
C. penjual, pembeli, uang, interaksi
D. penjual, alat pengangkutan, gudang, barang/jasa
- A. penjual dan pembeli melakukan tawar menawar sehingga tercapai harga kesepakatan
B. pedagang menyalurkan barang kepada konsumen dengan harga murah
C. penjual memajang barang dagangan di tempat terbuka
D. penyelenggaraan pameran produk baru
- (1) supermarket
(2) bursa efek
(3) Mall
(4) belanja online
(5) pasar uangYang merupakan pasar abstrak adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
- A. membeli faktor produksi
B. memperkenalkan barang baru
C. menjual barang kebutuhan
D. memperoleh barang kebutuhan
3.3.9 Menjelaskan Peran IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi
- (1) Dapat menyebabkan polusi
(2) Dapat menyebabkan kesejahteraan
(3) Dapat memperluas informasi
(4) Membuat orang semakin malas
(5) Membuat sesuatu lebih cepat dan mudahYang merupakan dampak positif IPTEK adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
- A. Bayu lebih banyak meluangkan waktunya main game di laptop
B. Andika memiliki Handphone digunakan untuk chating-chatingan
C. Hendri memodifikasi sepeda motornya supaya menghasilkan suara keras
D. Yenik menggunakan internet untuk membantu menyelesaikan tugasnya
- A. produksi
B. konsumsi
C. distribusi
D. industri
- A. produsen
B. konsumen
C. distributor
D. pemerintah
3.3.10 Menjelaskan Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia
- A. melaksanakan pola tanam sesuai anjuran penyuluh
B. membasmi hama setelah diketahui menjangkiti tanaman
C. membajak sawah menggunakan tenaga kerbau
D. memberi pupuk sebanyak-banyaknya
- A. rasa puas
B. rasa takut
C. kemalasan mental
D. berfikir mandiri
- A. mampu menghasilkan barang dengan kualitas tetap
B. mampu menghasilkan barang yang baru dan bermanfaat
C. mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik
D. mampu menghasilkan barang yang sudah dikenal masyarakat
- A. berani menempuh berbagai cara untuk mencapai tujuan
B. memiliki keterampilan memimpin dan manajerial
C. memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan
D. meyakini secara kuat kekuatan yang ada pada dirinya
- A. membantu pemerintah meningkatkan pendapatan nasional sehingga kesejahteraan masyarakat terwujud
B. membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja baru sehingga tingkat pengangguran dapat dikurangi
C. menambah keuntungan bagi para pengusaha sehingga pendapatan nasional menjadi meningkat
D. mengurangi beban sosial masyarakat sebagai akibat menurunnya jumlah pengangguran
3.3.11 Menjelaskan Hubungan antara Kelangkaan dengan Permintaan-Penawaran untuk Meningkatkan Kesejahteraan Manusia
- A. kelebihan permintaan barang
B. terjadi kelangkaan barang
C. kelebihan penawaran barang
D. kekurangan penawaran barang
- A. menyimpan hasil produksi dan menjualnya saat harga mahal
B. terpaksa menyalurkan hasil produksi ke daerah lain dengan harga tinggi
C. menggunakan hasil produksi hanya untuk konsumsi daerah sendiri
D. segera menyalurkan hasil produksi ke daerah lain dengan harga terjangkau
- A. menggunakan pupuk kimia secara besar-besaran untuk meningkatkan hasil pertanian
B. menangkap ikan menggunakan bahan peledak untuk meningkatkan hasil nelayan
C. mengadakan penanaman kembali pada lokasi penebangan hutan
D. membuat saluran pembuangan limbah pabrik ke laut
Sampai di sini mungkin teman-teman juga tertarik melihat perangkat penilaian berikut yang memiliki indikator sama dengan soal-soal di atas yaitu:
Penilaian harian II IPS kelas VII semester genap.
B. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran Versi 1
Soal | Kunci Jawaban | Skor | Nilai |
1. | C | 1 | 2,5 |
2. | D | 1 | 2,5 |
3. | A | 1 | 2,5 |
4. | B | 1 | 2,5 |
5. | D | 1 | 2,5 |
6. | A | 1 | 2,5 |
7. | C | 1 | 2,5 |
8. | B | 1 | 2,5 |
9. | B | 1 | 2,5 |
10. | C | 1 | 2,5 |
11. | D | 1 | 2,5 |
12. | A | 1 | 2,5 |
13. | B | 1 | 2,5 |
14. | A | 1 | 2,5 |
15. | B | 1 | 2,5 |
16. | C | 1 | 2,5 |
17. | A | 1 | 2,5 |
18. | D | 1 | 2,5 |
19. | C | 1 | 2,5 |
20. | C | 1 | 2,5 |
21. | D | 1 | 2,5 |
22. | C | 1 | 2,5 |
23. | A | 1 | 2,5 |
24. | B | 1 | 2,5 |
25. | B | 1 | 2,5 |
26. | A | 1 | 2,5 |
27. | C | 1 | 2,5 |
28. | D | 1 | 2,5 |
29. | C | 1 | 2,5 |
30. | D | 1 | 2,5 |
31. | C | 1 | 2,5 |
32. | B | 1 | 2,5 |
33. | A | 1 | 2,5 |
34. | D | 1 | 2,5 |
35. | B | 1 | 2,5 |
36. | A | 1 | 2,5 |
37. | C | 1 | 2,5 |
38. | C | 1 | 2,5 |
39. | D | 1 | 2,5 |
40. | C | 1 | 2,5 |
Jumlah PG | 40 | 100 |
Jadi rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 40 ) x 100 |
Soal Penilaian Tengah Semester Genap Versi 2
A. Soal Uraian
- Jelaskan permasalahan ekonomi yang dihadapi manusia!
- Jelaskan macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya/tingkatannya dan berikan masing-masing 3 contoh!
- Jelaskan yang dimaksud dengan prinsip ekonomi!
- Sebutkan tiga contoh tindakan manusia yang menerapkan prinsip ekonomi!
- Sebutkan bunyi "Hukum Permintaan"!
- Jelaskan yang dimaksud dengan harga pasar!
- Sebutkan fungsi pasar!
- Sebutkan 3 dampak negatif kemajuan IPTEK bagi kehidupan manusia!
- Sebutkan ciri-ciri seorang wirausaha!
- Sebutkan 3 hal yang menghambat seseorang menjadi kreatif!
Jawablah soal uraian berikut dengan baik dan benar!
B. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran Versi 2
- Permasalahan ekonomi yang dihadapi manusia adalah dihadapkan dengan kondisi jumlah kebutuhannya yang banyak dan tidak terbatas sedangkan alat untuk memuaskan kebutuhannya tersebut jumlahnya terbatas sekali. (2)(8)
- Macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya, antara lain:
1) Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi yang pemenuhannya tidak bisa ditunda-tunda karena dapat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Misalnya makanan, pakaian, dan tempat tinggal
2) Kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan yang muncul setelah semua kebutuhan primer terpenuhi. Misalnya perabot rumah, televisi dan parabola, pergi liburan .
3) Kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan akan barang-barang mewah. Misalnya rumah besar dan mewah, mobil pribadi. (4)(16) - Prinsip ekonomi adalah berusaha mendapatkan hasil tertentu dengan pengorbanan sekecil mungkin. Prinsip ekonomi juga dapat diartikan sebagai usaha memperoleh hasil maksimal dengan keterbatasan alat yang tersedia. (1)(4)
- Contoh kegiatan ekonomi yang menerapkan prinsip ekonomi. yaitu:
1) Menggunakan bahan mentah yang bermutu baik
2) harus hemat untuk menekan biaya produksi
3) menggunakan tenaga kerja dengan upah murah
4) menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran
5) menggunakan barang dengan mutu baik. (4)(16) - Bunyi hukum permintaan: "Jika harga barang naik maka jumlah barang yang diminta berkurang sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang yang diminta semakin banyak. (2)(8)
- Harga pasar adalah harga yang disepakati pihak penjual dan pembeli setelah melalui proses tawar menawar dan pada harga ini jumlah barang diminta sama dengan jumlah barang yag ditawarkan. (1)(4)
- Fungsi pasar, antara lain:
1) sarana pembentukan harga
2) Sarana distribusi
3) sarana promosi. (2)(8) - Dampak negatif kemajuan IPTEK antara lain:
1. Membuat orang menjadi semakin malas
2. Dapat menyebabkan polusi baik polusi air, tanah udara, maupun suara
3. Mempengaruhi pola pikir masyarakat yang negatif. (3)(12) - Ciri-ciri seorang wirausaha antara lain:
1. Memiliki kepribadian yang kuat
2. Memiliki sikap mental wiraswasta
3. Memiliki kepekaan terhadap arti lingkungan
4. Memiliki keterampilan wiraswasta
5. Memiliki kemampuan mencari informasi. (3)(12) - Hambatan-hambatan menjadi seorang yang kreatif antara lain:
1. Malas
2. Takut gagal
3. Mudah terpengaruh orang lain
4. Cepat merasa puas. (3)(12)
Jumlah skor dan nilai adalah masing-masing (25) (100).
Jadi rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 25 ) x 100 |
Demikianlah tadi perangkat penilaian tengah semester genap IPS kelas 7 mudah-mudahan ada manfaatnya dan terima kasih.