Ujian Mid Semester Bentuk Pilihan Jamak IPS Kelas 8 Ganjil
Buat rekan guru IPS semuanya berikut adalah perangkat penilaian Mid semester/PTS semester ganjil kelas 8 yang dapat dipakai sebagai perangkat penilaian di sekolah.
Perangkat ini menggunakan instrumen soal bentuk Pilihan Jamak sebagai alternatif kedua penggunaan penilaian tengah semester kelas 8 semester ganjil, yang mana pada postingan sebelumnya menggunakan instrumen soal bentuk Uraian pada pokok bahasan Bab 1: Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN.
Dalam postingan ini Admin juga telah menyediakan kunci jawaban dan pedoman penskoran yang dapat didownload nantinya.
A. Indikator Soal PTS IPS Kelas 8 Ganjil
- Siswa dapat megidentifikasi letak negara-negara ASEAN secara geografis (C3)
- Siswa dapat mengidentifikasi negara di Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN (C1)
- Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik negara-negara ASEAN berdasarkan potensi sumber daya alam (C1)
- Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik negara-negara ASEAN berdasarkan potensi sumber daya alam (C1)
- Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik negara-negara ASEAN berdasarkan kondisi penduduk (C1)
- Siswa dapat mengidentifikasi letak negara-negara ASEAN secara astronomis (C2)
- Siswa dapat menjelaskan iklim negara-negara ASEAN (C2)
- Siswa dapat menentukan letak negara-negara ASEAN secara geografis (C3)
- Siswa dapat menentukan iklim akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan dikelilingi dengan laut (C3)
- Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kerja sama (C1)
- Siswa dapat mengidentifikasi faktor yang memengaruhi kerja sama antarnegara-negara ASEAN (C1)
- Siswa dapat menjelaskan sebab terjadinya kerja sama (C2)
- Siswa memberi contoh bentuk kerja sama antarnegara-negara ASEAN di bidang sosial (C3)
- Siswa dapat menentukan pilar yang dipakai dalam upaya peningkatan kerjasama antarnegara-negara ASEAN (C3)
- Siswa dapat menganalisis persamaan karakteristik negara-negara ASEAN (C4)
- Siswa dapat menganalisis dampak postif adanya pasar tunggal MEA terhadap kehidupan di negara-negara ASEAN (C4)
- Siswa dapat menjelaskan pengertian bencana klimatik (C1)
- Siswa dapat mengidentifikasi jenis prasarana transportasi yang dikembangkan negara-negara ASEAN (C1)
- Siswa dapat menjelaskan dampak perubahan iklim (C2)
- Siswa dapat mencontohkan bentuk-bentuk konversi lahan (C2)
- Siswa dapat menjelaskan alasan terjadinya konversi lahan pertanian menjadi pemukiman (C2)
- Siswa dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk iklim di kawasan Asia Tenggara (C3)
- Siswa dapat menjelaskan faktor yang memengaruhi perubahan iklim (C3)
- Siswa dapat memberi contoh fenomena bencana klimatik yang pernah terjadi di kawasan negara-negara ASEAN (C3)
- Siswa dapat mencontohkan bentuk kerja sama dalam upaya menanggulangi bencana klimatik yang pernah terjadi di kawasan negara-negara ASEAN (C3)
- Siswa dapat menentukan cara-cara menanggulangi kerusakan laut (C3)
- Siswa dapat menentukan kelebihan dan kekurangan dari perkembangan teknologi transportasi dan teknologi komunikasi (C3)
- Siswa dapat menganalisis pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kehidupan sosial negara-negara ASEAN (C4)
- Siswa dapat menganalisa tumbukan lempeng di Asia Tenggara (C4)
- Siswa dapat menganalisis dampak konversi lahan pertanian menjadi industri (C4)
B. Contoh Soal Penilaian Tengah Semester (PTS)
- Negara ASEAN yang terletak paling Selatan adalah ....
- Negara di Asia Tenggara berikut yang tidak termasuk anggota ASEAN adalah ....
- Negara anggota ASEAN yang perekonomiannya sebagian besar dari hasil minyak dan gas bumi yaitu ....
- Salah satu negara anggota ASEAN yang tidak memiliki hasil tambang adalah ....
- Beberapa kelompok etnis (suku bangsa) yang mendiami negara Myanmar adalah ....
- Letak ASEAN paling ujung yaitu pada 28 derajat Lintang Utara ditempati oleh ....
- Negara-Negara ASEAN secara umum beriklim tropis karena ....
- Negara di kawasan Asia Tenggara berikut yang terletak di Semenanjung Asia adalah ....
- Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan dikelilingi dengan laut adalah ...
- Upaya menjalin hubungan antara dua negara atau lebih untuk mencapai suatu kesepakatan disebut ....
- Faktor pendorong kerja sama antarnegara ASEAN yaitu ....
- Pentingnya menjalin hubungan kerjasama antarnegara ASEAN disebabkan ....
- Beberapa kasus pekerja migran yang menjadi perhatian negara-negara ASEAN yaitu ....
- Mengatasi tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu pilar dalam upaya peningkatan kerjasama yaitu ....
- Bentuk kesamaan yang mendorong kerjasama antarnegara anggota ASEAN yaitu ....
- Berikut adalah dampak positif adanya pasar tunggal MEA terhadap kehidupan penduduk di Asia Tenggara, kecuali ....
- Bencana alam yang dipengaruhi karena perubahan besar pada suhu, curah hujan, dan pola angin adalah bencana ....
- Rekayasa jaringan lalu lintas transportasi darat di ASEAN sudah sangat canggih, contohnya Singapura dan Thailand mengembangkan jaringan ....
- Faktor iklim memengaruhi perubahan ruang dan interaksi antarruang negara-negara ASEAN karena ....
- Berikut merupakan bentuk-bentuk konversi lahan, kecuali ....
- Alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman mempertimbangkan beberapa faktor, salah satunya adalah ....
- Iklim yang terbentuk akibat letak negara-negara ASEAN di sekitar khatulistiwa dan diapiti daratan luas Asia dan Australia adalah ....
- Nelayan ikan berskala besar yang beroperasi di kawasan Asia Tenggara memanfaatkan data cuaca, suhu, arah angin untuk mencari ikan. Fenomena ini berkaitan dengan faktor yang memengaruhi interaksi keruangan, yaitu ....
- Contoh bencana klimatik yang pernah terjadi di Asia Tenggara adalah ....
- Contoh kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana klimatik yang pernah dilakukan antar negara-negara ASEAN adalah ....
- Berikut adalah cara menanggulangi kerusakan laut, kecuali ....
- Perhatikan kelebihan dan kekurangan teknologi berikut!
1) Bergantung terhadap ketersediaan listrik
2) Aktivitas terhenti jika kondisi cuaca buruk
3) Mampu mengangkut manusia dan barang dalam jumlah yang sangat banyak
4) Melewati batas negara dan dunia
5) Lebih ekonomis sehingga terjangkau kepada semua kalangan - Berikut ini dampak sosial akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi di negara-negara ASEAN, kecuali ....
- Perhatikan gambar berikut.
Berdasarkan gambar di atas, negara yang paling luas menerima tumbukan adalah .... - Konversi lahan pertanian menjadi industri menimbulkan dampak berikut ini, kecuali ...
Pilihlah opsi jawaban A, B, C, atau D yang kamu anggap paling benar!
- A. Thailand
B. Myanmar
C. Timor Leste
D. Indonesia
- A. Laos
B. Kamboja
C. Timur Leste
D. Brunei Darussalam
- A. Indonesia
B. Malaysia
C. Kamboja
D. Brunei Darussalam
- A. Kamboja
B. Filipina
C. Singapura
D. Laos
- A. Burma, Tionghoa, dan Melayu
B. Burma, Karen, dan Shan
C. Thai, Karen, dan Khmer
D. Mestizo, Negrito, dan Shan
- A. Laos
B. Filipina
C. Myanmar
D. Indonesia
- A. berada diantara 23,5 derajat LU - 23,5 derajat LS
B. berada diantara 23,5 derajat LS - 40 derajat LS
C. berada diantara 40 derajat LU - 66,5 derajat LU
D. berada diantara 66,5 derajat LU - 90 derajat LU
- A. Indonesia
B. Filipina
C. Thailand
D. Brunei Darussalam
- A. iklim tropis dan iklim muson
B. iklim tropis dan iklim laut
C. iklim laut dan iklim hutan hujan
D. iklim kemarau dan iklim musim penghujan
- A. emigrasi
B. interaksi
C. kerja sama
D. komunikasi
- A. kesamaan dan perbedaan tujuan
B. kesamaan dan perbedaan ideologi
C. kesamaan dan perbedaan kepentingan
D. kesamaan dan perbedaan kondisi geografis
- A. sebagian besar negara-negara ASEAN adalah negara berkembang
B. rendahnya kemampuan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki
C. semakin meningkatnya jumlah penduduk miskin di Asia Tenggara
D. kemunculan berbagai macam kebutuhan yang berbeda antar Negara
- A. penempatan kerja bagi pekerja migran
B. sistem rekrutmen pekerja imigran
C. kerja paksa tenaga asing dan upah rendah
D. perlindungan hak-hak pekerja migran
- A. sosial budaya
B. politik dan keamanan
C. ekonomi
D. agama
- A. budaya penduduk
B. sistem perekonomian
C. letak geografis
D. idiologi Negara
- A. lapangan pekerjaan semakin luas
B. pendapatan penduduk semakin meningkat
C. kualitas sumber daya manusia semakin meningkat
D. konsumsi barang-barang asal luar negeri meningkat
- A. geologis
B. likuifaksi
C. klimatik
D. tsunami
- A. Transportasi fly over
B. Transportasi kereta api super cepat
C. Transportasi bawah laut
D. Transportasi darat bawah tanah
- A. perubahan iklim menyebabkan bencana
B. penduduk tidak dapat mengubah iklim
C. setiap negara memiliki iklim berbeda-beda
D. Iklim dapat berubah sewaktu-waktu
- A. Pembangunan pabrik
B. Pembangunan rumah warga
C. Penimbunan pantai atau tepi laut
D. Penurunan produktivitas lahan
- A. Komoditas utamanya padi
B. Dekat dengan pegunungan
C. Lokasi terjangkau dari kota
D. Kesuburan masih tinggi
- A. iklim tropis dan iklim muson
B. iklim tropis dan iklim laut
C. iklim laut dan iklim hutan hujan
D. iklim kemarau dan iklim musim penghujan
- A. faktor geologi
B. faktor ketersediaan sumber daya
C. faktor iklim
D. faktor teknologi
- A. Tsunami Aceh tahun 2004
B. Meletusnya gunung Merapi Jawa tahun 2010
C. Banjir di Bangkok tahun 2011
D. Gempa bumi Lombok tahun 2018
- A. Peminjaman pesawat pemadam kebakaran di Sumatera oleh Malaysia dan Singapura
B. Bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan fasilitas kesehatan untuk korban tsunami Aceh
C. Bantuan dana ketika meletusnya Gunung Mayon dan Parker di Filipina
D. Bantuan dana bagi korban gempa di Lombok NTB dari ASEAN Humanitarian Assistance Center
- A. mengembangbiakkan terumbu karang
B. memperluas area penanaman pohon mangrove
C. mengadakan penanaman kembali atau reboisasi
D. membersihkan laut dari sampah dan minyak yang tumpah
- Yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan alat transportasi kereta listrik adalah ....
A. 1), 2), dan 4)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 5)
D. 3), 4), dan 5)
- A. jumlah penduduk semakin bertambah dalam waktu singkat
B. kerja sama luar negeri semakin mudah
C. maraknya perdagangan manusia
D. pendapatan negara meningkat
- A. Indonesia
B. Myanmar
C. Thailand
D. Filipina
- A. Produktivitas petani meningkat
B. Lahan pertanian berkurang
C. Terjadi pencemaran di sekitar industri
D. Memicu adanya konversi lahan susulan
Baca juga perangkat:
PTS IPS Bentuk Uraian Kelas 8 Semester Ganjil
C. Penilaian
a. Rubrik Penilaian
Soal | Kunci Jawaban | Skor | Nilai |
1. | D | 1 | 3,3 |
2. | B | 1 | 3,3 |
3. | C | 1 | 3,3 |
4. | C | 1 | 3,3 |
5. | B | 1 | 3,3 |
6. | C | 1 | 3,3 |
7. | A | 1 | 3,3 |
8. | C | 1 | 3,3 |
9. | B | 1 | 3,3 |
10. | C | 1 | 3,3 |
11. | D | 1 | 3,3 |
12. | D | 1 | 3,3 |
13. | D | 1 | 3,3 |
14. | C | 1 | 3,3 |
15. | C | 1 | 3,3 |
16. | D | 1 | 3,3 |
17. | C | 1 | 3,3 |
18. | D | 1 | 3,3 |
19. | A | 1 | 3,3 |
20. | D | 1 | 3,3 |
21. | C | 1 | 3,3 |
22. | A | 1 | 3,3 |
23. | C | 1 | 3,3 |
24. | C | 1 | 3,3 |
25. | A | 1 | 3,3 |
26. | C | 1 | 3,3 |
27. | B | 1 | 3,3 |
28. | D | 1 | 3,3 |
29. | A | 1 | 3,3 |
30. | A | 1 | 3,3 |
b. Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 30 ) x 100 |
Silahkan didownload kisi-kisi soal PTS ini pada postingan berikut:
Kumpulan Kisi-Kisi Soal Penilaian IPS Kelas 8
Demikian tadi perangkat PTS IPS semester ganjil kelas 8 versi 2 mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih.