Skip to main content

Perubahan Ruang Akibat Faktor Ketersediaan SDA Kelas 8

Assalamu'alaikum Wr. Wb.,
dan salam sejahtera buat semuanya.
Kembali lagi Admin akan berbagi Perangkat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), kali ini membahas tentang "Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Ketersediaan SDA" materi kelas 8. LKPD ini bertujuan menuntun peserta didik dalam proses pembelajaran.

Berikut potongan isi LKPD yang dimaksud:

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi persebaran barang tambang di negara-negara ASEAN dengan tepat;
  2. Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan barang tambang yang terdapat di negara-negara ASEAN dengan benar;
  3. Peserta didik dapat menentukan langkah-langkah menanggulangi ataupun mencegah kerusakan sumber daya hutan dan laut dengan tepat;
  4. Peserta didik dapat menganalisis pengaruh ketersediaan sumber daya alam terhadap bentuk interaksi antarruang secara kritis.

D. Langkah-Langkah Kegiatan

Melalui alur proses pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) kalian bacalah materi di buku paket IPS kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 hal 62-64 kemudian isilah tabel di bawahnya!

  1. Survey : Tuliskan judul dan subjudul dalam teks!
  2. Question : Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu tulis di atas!
  3. Read : Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu tulis di atas!
  4. Recite : Tuliskan informasi dan frasa penting dari jawaban pertanyaan di atas!
  5. Review : Buatlah ringkasan dari setiap paragraf/bagian teks!
  6. (Pengatur grafis bersumber dari: Materi Pelatihan "Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama" oleh Satgas GLS Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018)

E. Lembar Kerja Peserta Didik

SurveyTuliskan judul dan subjudul dalam teks!
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
QuestionTuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu tulis di atas!
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
ReadTuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu tulis di atas!
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
ReciteTuliskan informasi dan frasa penting dari jawaban pertanyaan di atas!
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................
ReviewBuatlah ringkasan dari setiap paragraf/bagian teks!
...............................
...............................
...............................
...............................
...............................

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian

  • Sikap : Observasi/jurnal
  • Pengetahuan : Tes Tulis, Penugasan
  • Keterampilan : Non tes yaitu yaitu menggunakan lembar observasi pada kegiatan diskusi

2. Instrumen Penilaian

  • Sikap
  • Aspek sikap yang diamati pada pembahasan materi perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat faktor ketersediaan sumber daya alam ini adalah pada sikap spiritual mengamati aspek ketaqwaan sedangkan pada sikap sosial mengamati aspek disiplin, tanggung jawab, dan percaya diri.

    Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

    Lembar Observasi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

  • Pengetahuan

    1. Survey :

    Judul
    Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Ketersediaan Sumber Daya Alam

    Subjudul

    1. Sumber Daya Barang Tambang
      a. Jenis-Jenis Hasil Barang Tambang Negara-Negara ASEAN
      b. Kegunaan Barang Tambang
    2. Sumber Daya Hutan Negara-Negara ASEAN
    3. Sumber Daya Laut Negara-Negara ASEAN
    4. Bentuk interaksi Antarnegara-Negara ASEAN akibat perbedaan potensi sumber daya alam
    5. Bentuk kerusakan hutan dan laut
    6. Cara menanggulangi kerusakan hutan dan laut

    2. Question :
    Pertanyaan:

    1. Bagaimana persebaran sumber daya alam di Asia Tenggara?
    2. Apa kegunaan barang tambang yang terdapat di negara-negara ASEAN berikut?
    3. a. Fosfat (Kamboja)
      b. Belerang (Laos)
      c. Mangan (Filipina)
      d. Tungsten (Myanmar)
      e. Krom (Vietnam)
      f. Minyak bumi (Indonesia)
      g. Gas Alam (Brunei Darussalam)
      h. Timah (Thailand)
      i. Bauksit (Malaysia)
      j. Batu bara (Indonesia)
    4. Negara apa yang memiliki sumber daya hutan paling luas?
    5. Jenis barang hasil perairan laut apa yang menjadi sumber pendapatan devisa negara-negara ASEAN?
    6. Bagaimana negara-negara ASEAN memenuhi kekurangan sumber daya alam yang dimiliki?
    7. Apa saja bentuk kerusakan hutan dan laut?
    8. Bagaimana cara menanggulangi kerusakan hutan maupun laut?

    3. Read :

    1) Rubrik Penilaian Pengetahuan

    1. Jawaban
    Persebaran sumber daya alam di Asia Tenggara tidak merata bahkan terdapat negara yang tidak memiliki sumber daya alam yaitu negara Singapura.

    Skor 3, dengan bobot nilai 15.

    2. Jawaban

    • Fosfat berguna sebagai bahan industri pembuatan pupuk, festisida, korek api, odol dan deterjen
    • Belerang berguna sebagai bahan industri kimia, pupuk, korek api, dan obat-obatan.
    • Mangan berguna sebagai bahan pembuatan batu baterai.
    • Tungsten berguna sebagai alat-alat pengukur ketepatan (presisi), dan filamen (benang tips) dalam bola lampu.
    • Krom berguna dalam pembuatan bahan kimia seperti pewarna kain dan pigmen, pengawet kayu, penyamakan, dll.
    • Minyak bumi berguna sebagai bahan bakar industri, transportasi, dan rumah tangga.
    • Gas alam berguna sebagai bahan bakar industri, transportasi, dan rumah tangga.
    • Timah berguna sebagai pembuatan kaleng, pelapis besi, pembungkus permen dan coklat.
    • Bauksit berguna sebagai pembauatan badan pesawat, peralatan dapur dan kapal.
    • Batu bara berguna sebagai bahan bakar pada pembangkit listrik tenaga uap, industri, transportasi, dan peleburan biji logam.

    Skor 4, dengan bobot nilai 20.

    3. Jawaban
    Negara yang memiliki sumber daya hutan paling luas adalah Indonesia.

    Skor 1, dengan bobot nilai 5.

    4. Jawaban

    Jenis barang hasil perairan laut di Asia Tenggara antara lain perikanan, mutiara, rumput laut, dan barang tambang

    Skor 2, dengan bobot nilai 10.

    5. Jawaban
    Untuk memenuhi kebutuhannya, negara-negara anggota ASEAN melakukan pertukaran sumber daya alam dalam kegiatan jual beli.

    Skor 3, dengan bobot nilai 15.

    6. Jawaban
    Bentuk kerusakan laut antara lain:

    • Pencemaran laut
    • Abrasi (erosi pantai)
    • Kerusakan terumbu karang
    Bentuk kerusakan hutan antara lain:
    • Penebangan liar
    • Kebakaran hutan
    • Alih fungsi (konversi) hutan.
    .

    Skor 3, dengan bobot nilai 15.

    7. Jawaban
    Cara-cara menanggulangi kerusakan laut yaitu:

    • Pencemaran laut ditanggulangi dengan membersihkan laut dari sampah dan minyak yang tumpah.
    • Terjadinya pengikisan pantai atau erosi pantai ditanggulangi dengan menanam pohon mangrove di tepi pantai.
    • Kerusakan terumbu karang ditanggulangi dengan mengembangbiakkan terumbu karang
    Cara-cara menanggulangi kerusakan hutan yaitu:
    • Menetapkan dan memperluas wilayah hutan lindung.
    • Menebang hutan secara tebang pilih
    • Mengadakan penanaman kembali atau reboisasi hutan yang telah gundul.
    • Mengurangi penggunaan bahan-bahan yang berasal dari hutan
    • Melakukan pembenahan terhadap sistem hukum yang mengatur tentang pengelolaan hutan.

    Skor 4, dengan bobot nilai 20.

    Total Skor 20, dengan bobot nilai 100.

    4. Recite :

    • Persebaran sumber daya alam
    • Bentuk interaksi antarnegara-negara ASEAN berdasarkan perbedaan potensi sumber daya alam
    • Barang tambang
    • Hutan
    • Laut
    • Kerusakan hutan dan laut
    • Cara menanggulangi kerusakan hutan dan laut

    5. Review :
    Persebaran sumber daya alam di Asia Tenggara tidak merata bahkan terdapat negara yang tidak memiliki sumber daya alam yaitu Singapura. Namun begitu Singapura menguasai industri dan perdagangan. Negara-negara ASEAN yang kaya dengan barang tambang mentah mengekspornya ke Singapura untuk diolah menjadi berbagai barang kebutuhan pokok.

    Sumber daya alam yang terdapat di Asia Tenggara dapat berupa sumber daya alam hayati dan nonhayati seperti barang tambang, hutan, dan laut. Sumber daya alam secara terus menerus dieksplorasi guna memenuhi kebutuhan manusia. Dalam pemanfaatan sumber daya alam harus diperhatikan juga kelestariannya. Kerusakan yang terjadi karena eksplorasi sumber daya alam secara besar-besaran harus diimbangi dengan bebagai macam upaya menanggulangi kerusakan tersebut.

    2) Lembar Analisis Penilaian Pengetahuan

  • Keterampilan
      1) Penilaian Kinerja Diskusi
      2) Rubrik Penilaian Kinerja Diskusi
      3) Lembar Observasi Penilaian Kinerja Diskusi
  • Download perangkat LKPD materi Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Ketersediaan Sumber Daya Alam Kelas 8 berikut ini:
    Di sini

    Akhirnya, dengan keterbatasan dan kekurangan Admin dalam penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini, kritik dan saran dari rekan guru sangat diharapkan demi penyempurnaan penyusunan LKPD ini ke depannya.

    You Might Also Like:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar