Soal PH-2 IPS Kelas 9 Semester Genap
Bapak/Ibu rekan guru IPS kelas 9.
Assalamu'alaikum Wr. Wb. dan salam sejahtera untuk semuanya.
Setelah pelaksanaan USBN usai bagi mapel IPS itu merupakan akhir dari proses pembelajaran. Waktu pelaksanaan USBN tingkat SMP sendiri tinggal beberapa hari lagi sementara materi pada bab 4 yang belum dibahas masih banyak.
Dalam hal ini, admin memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut yakni dengan memberikan pretest kepada peserta didik. Setelah itu guru memeriksa hasil pretes peserta didik dan mengumumkan hasilnya. Kemudian guru menugaskan peserta didik untuk memperbaiki nilai pretes yang diperoleh dengan belajar secara mandiri di rumah. Terakhir guru memberikan soal penilaian harian II semester genap. (Perangkat soalnya sama)
Berikut perangkat pretest yang dapat dipakai oleh Bapak/Ibu rekan guru semua.
A. Indikator Soal
- Menjelaskan tujuan Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia (C1)
- Menjelaskan tugas Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) (C2)
- Menyimpulkan manfaat peristiwa Rengasdengklok (C4)
- Menyebutkan tokoh yang menyumbangkan pikiran tentang bunyi kalimat pertama dalam perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia (C1)
- Mengidentifikasi tokoh pengibar bendera Merah Putih setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia (C1)
- Menganalisis tokoh yang turut serta dalam persiapan dan pelaksanaan kemerdekaan (C4)
- Menjelaskan sambutan rakyat terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia (C1)
- Menjelaskan terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (C1)
- Menyebutkan negara-negara yang dihadapi Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan (C2)
- Menjelaskan reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan pasukan Sekutu (C1)
- Menjelaskan faktor penyebab Insiden Hotel Yamato (C1)
- Menentukan nama perundingan berdasarkan uraian hasil kesepakatan (C3)
- Menentukan nama perundingan berdasarkan uraian hasil kesepakatan (C3)
- Menjelaskan bentuk negara Republik Indonesia Sementara (RIS) (C2)
- Menjelaskan perubahan bentuk negara dari RIS kembali menjadi NKRI (C1)
- Menjelaskan tujuan pemberontakan PKI Madiun 18 September 1948 yang dipimpin oleh Muso (C1)
- Menjelaskan perkembangan ekonomi Indonesia pada Masa Kemerdekaan (C1)
- Menjelaskan ciri kehidupan masyarakat Indonesia pada Masa Kemerdekaan (C1)
- Menjelaskan pengertian Masa Demokrasi Parlementer (C1)
- Menjelaskan faktor penyebab seringnya pergantian kabinet pada Masa Demokrasi Parlementer (C1)
- Mengklasifikasi kabinet yang terbentuk pada Masa Demokrasi Parlementer (C3)
- Menjelaskan tujuan pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang terjadi pada Masa Demokrasi Parlementer (C4)
- Menganalisis perkembangan ekonomi Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer (C4)
- Mengklasifikasi universitas baru yang didirikan pemerintah pada Masa Demokrasi Parlementer (C3)
- Menjelaskan pengertian Masa Demokrasi Terpimpin (C1)
- Menganalisis hubungan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dengan konsep Demokrasi Terpimpin (C4)
- Menjelaskan perkembangan politik Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin (C2)
- Menjelaskan politik luar negeri Indonesia pada Masa Demokrasi Terpimpin (C2)
- Menjelaskan pemberontakan G 30 S/PKI 1965 pada Masa Demokrasi Terpimpin (C1)
- Menyebutkan macam-macam surat kabar milik PKI pada Masa Demokrasi Terpimpin (C1)
- Menjelaskan isi Tritura (C1)
- Menjelaskan perkembangan politik Indonesia pada Masa Orde Baru (C2)
- Menganalisis faktor penyebab teknologi industri dan pertanian lebih diarahkan ke bentuk padat karya daripada ke bentuk padat modal pada Masa Orde Baru (C4)
- Mengkategorikan ciri kehidupan bangsa Indonesia pada Masa Orde Baru (C2)
- Menganalisis kehidupan masyarakat Indonesia pada Masa Orde Baru (C4)
- Menjelaskan latar belakang lahirnya Reformasi (C2)
- Menjelaskan faktor penyebab terjadinya gerakan reformasi (C1)
- Menjelaskan perkembangan politik Indonesia pada Masa Reformasi (C2)
- Menganalisis perkembangan ekonomi Indonesia pada Masa Reformasi (C4)
- Menjelaskan upaya pemerintah melestarikan kebudayaan masyarakat Indonesia pada Masa Reformasi (C2)
B. Soal Pilihan Ganda
1. Pada akhir tahun 1944, Jepang mulai terdesak dalam Perang Asia Pasifik kemudian memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia. Hal ini bertujuan ....
- A. meyakinkan sekutu bahwa Jepang telah menyerah
B. sebagai balas jasa atas perlakuan Jepang terhadap bangsa Indonesia
C. sebagai pembuktian bahwa Jepang adalah pemimpin, pelindung, dan cahaya Asia
D. mendapatkan dukungan rakyat Indonesia dalam menghadapi sekutu
Baca juga versi Online-nya:
Latihan Soal Online IPS Terpadu Kelas 9 PH 2 Semester Genap
2. Tugas utama dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah ....
- A. membahas dan menyepakati batas wilayah sebagai negara baru yakni Indonesia
B. mengesahkan Undang-Undang Dasar serta menentukan presiden dan wakil presiden Indonesia
C. merumuskan dasar negara dan rancangan Undang-Undang Dasar bagi negara Indonesia
D. mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan keperluan pergantian kekuasaan dari pihak Jepang kepada bangsa Indonesia
3. Manfaat dari adanya peristiwa Rengasdengklok yaitu ....
- A. teks proklamasi kemerdekaan dapat terselesaikan
B. disepakatinya pelaksanaan proklamasi kemerdekaan
C. Soekarno-Hatta menjadi aman atas pengaruh Jepang
D. proklamasi kemerdekaan atas pemberian Jepang
4. Kalimat pertama naskah proklamasi kemerdekaan "Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia" merupakan hasil sumbangan pemikiran dari ....
- A. Achmad Subarjo
B. Ir. Soekarno
C. Moh. Hatta
D. Sukarni
5. Yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih setelah pembacaan proklamasi kemerdekaan selesai dilaksanakan adalah ....
- A. Suwiryo dan dr. Muwardi
B. S. Suhud dan Latif Hendraningrat
C. Latif Hendraningrat dan Arifin Abdurrahman
D. Suwiryo dan Arifin Abdurrahman
6. Pernyataan yang sesuai tentang peran tokoh-tokoh dalam peristiwa Proklamasi Kemerdekaan berikut adalah ....
- A. Sutan Syahrir adalah pengetik teks proklamasi kemerdekaan
B. Sayuti Melik adalah penyumbang pikiran kalimat pertama teks proklamasi kemerdekaan
C. Sukarni adalah pengusul penantanganan teks proklamasi kemerdekaan Soekarno-Hatta "atas nama bangsa Indonesia"
D. Achmad Subarjo adalah yang mengusulkan Soekarno Hatta agar secepatnya memproklamasikan kemerdekaan tanpa melalui PPKI
7. Pelopor pelaksanaan rapat raksasa di Lapangan Ikada yang mempertemukan para pemimpin perjuangan kemerdekaan dengan rakyatnya adalah ....
- A. BPUPKI
B. PPKI
C. Soekarno-Hatta
D. Komite van Aksi Menteng 31
8. Berikut adalah hasil kesepakatan rapat PPKI tanggal 18 Agustus 1945, kecuali ....
- A. mengesahkan UUD 1945 sebagai landasan hukum NRI
B. menetapkan Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden
C. membentuk Majelis Permusyawaran Rakyat (MPR) sebagai lembaga legislatif
D. memutuskan pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi
9. Negara yang dihadapi Indonesia setelah memproklamasikan kemerdekaan adalah ....
- A. Jepang, Amerika Serikat dan Inggris
B. Jepang, Belanda, dan Sekutu
C. Jepang dan Belanda
D. Jepang dan Inggris
10. Kedatangan pasukan Sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat Indonesia karena ....
- A. membonceng tentara NICA
B. melucuti tentara Jepang
C. mempersennjatai tentara Jepang
D. membebaskan tahanan Jepang
11. Latar belakang terjadinya insiden Hotel Yamato disebabkan karena ....
- A. Beberapa orang Belanda mengibarkan bendera Belanda
B. Jepang meracuni cadangan air minum rakyat
C. Kedatangan pasukan sekutu membonceng tentara NICA
D. Pasukan sekutu ingin merampas sennjata milik rakyat
12. Wilayah Indonesia terdiri dari Sumatra, Jawa, dan Madura. Fakta tersebut merupakan hasil kesepakatan pada perundingan ....
- A. Renville
B. Linggarjati
C. Roem-Royen
D. Konferensi Meja Bundar
13. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
- 1) Indonesia bersedia untuk menghentikan perang gerilya
2) Indonesia bersedia untuk bekerja sama dalam mengembalikan perdamaian dan menjaga ketertiban dan keamanan
3) Belanda bersedia untuk menyetujui kembalinya pemerintah Republik Indonesia ke Yogyakarta
4) Belanda bersedia untuk menjamin penghentian gerakan militer dan membebaskan semua tahanan politik
Pernyataan di atas merupakan hasil perundingan ....
A. Linggarjati
B. Renville
C. Roem-Royen
D. Konferensi Meja Bundar
14. Penyataan berikut yang sesuai dengan kondisi negara RIS adalah ....
- A. sistem pemerintahan RIS dipegang oleh presiden dan wakil presiden
B. Ir. Soekarno terpilih sebagai Presiden RIS dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden
C. negara berbentuk kesatuan dan meliputi seluruh daerah Indonesia
D. konstitusi menggunakan Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS) tahun 1950
15. Perubahan kembali bentuk negara dari Republik Indonesia Serikat (RIS) ke bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara resmi pada tanggal ....
- A. 17 Agustus 1950
B. 19 Mei 1950
C. 12 Mei 1950
D. 19 April 1950
16. Tujuan pemberontakan PKI Madiun tanggal 18 September 1948 yang dipimpin oleh Muso adalah ....
- A. Ingin membentuk sebuah negara Islam Indonesia
B. ingin mendirikan Republik Indonesia Soviet
C. ingin mempertahankan bentuk negara Republik Indonesia Serikat
D. ingin keluar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
17. Blokade laut oleh Belanda bertujuan ....
- A. mengembangkan monopoli perdagangan di Indonesia
B. membuat jalur-jalur penghubung laut
C. meruntuhkan perekonomian Indonesia
D. meningkatkan hasil penangkapan ikan
18. Perhatikan pernyataan berikut!
- 1) Warga Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang
2) Pendidikan ditekankan pada penanaman semangat patriotisme
3) Dalam bidang kesenian, bermunculan lagu bertemakan nasionalisme
Pernyataan di atas merupakan ciri kehidupan masyarakat pada masa ....
A. demokrasi terpimpin
B. demokrasi parlementer
C. orde baru
D. kemerdekaan
19. Masa ketika pemerintah menggunakan UUDS 1950 sebagai undang-undang negara disebut ....
- A. Demokrasi Parlementer
B. Demokrasi Terpimpin
C. Demokrasi Pancasila
D. Demokrasi liberal
20. Faktor penyebab seringnya pergantian kabinet pada Masa Demokrasi Parlementer adalah ....
- A. terdapat pemberontakan-pemberontakan di daerah
B. partai politik saling berebut pengaruh untuk memegang tampuk kekuasaan
C. ketegangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah
D. pemerintah masih terikat dengan perjanjian Uni Indonesia-Belanda
21. Perhatikan kabinet-kabinet berikut!
- (a) Kabinet Sukiman
(b) Kabinet Dwikora
(c) Kabinet Ali Satroamidjojo
(d) Kabinet Wilopo
(e) Kabinet Pembangunan
(f) Kabinet RIS
Beberapa kabinet yang terbentuk pada masa demokrasi liberal adalah ....
A. Kabinet (a), (b), dan (c)
B. Kabinet (a), (c), dan (d)
C. Kabinet (c), (d), dan (e)
D. Kabinet (d), (e), dan (f)
22. Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) bertujuan ....
- A. untuk mempertahankan bentuk negara federal di Indonesia dan membentuk tentara tersendiri pada negara bagian RIS
B. supaya pemerintah pusat memberikan hak penuh kepada APRIS dalam mengamankan situasi di Makasar
C. ingin merdeka dan melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
D. supaya pemerintah pusat segera membubarkan kabinet Juanda
23. Pernyataan berikut yang tidak mencerminkan sistem ekonomi Gerakan Banteng adalah ....
- A. bertujuan mengubah perekonomian yang hanya digerakkan pada dominasi perusahaan asing dan ditopang kelompok etnik Tionghoa
B. tujuan program Gerakan Banteng tidak tercapai dengan baik karena menyebabkan beban keuangan pemerintah semakin besar
C. dalam 3 tahun sekitar 700 perusahaan bangsa Indonesia menerima bantuan kredit dari program Gerakan Banteng
D. merupakan usaha pemerintah untuk mengganti struktur ekonomi kolonial ke struktur ekonomi nasional pada masa demokrasi terpimpin
24. Berikut adalah daftar universitas di Indonesia!
- 1) Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta
2) Universitas Sumatra Utara di Medan
3) Universitas Andalas di Padang
4) Universitas Indonesia di Jakarta
5) Universitas Hasanuddin di Makasar
6) Universitas Islam di Yogyakarta
Universitas yang didirikan pada masa Demokrasi Parlementer adalah ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 3), 4), dan 5)
D. 4), 5), dan 6)
25. Masa ketika Indonesia menerapkan suatu sistem pemerintahan dengan seluruh keputusan pemerintah berpusat pada kepala negara disebut ....
- A. Demokrasi liberal
B. Demokrasi Terpimpin
C. Demokrasi Pancasila
D. Demokrasi parlementer
26. Berdasarkan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 terdapat hubungan dengan pelaksanaan model pemerintahan Demokrasi Terpimpin. Hubungan yang dimaksud adalah ....
- A. segala permasalahan kepemerintahan diputuskan oleh presiden sebagai kepala negara
B. presiden sebagai pemimpin negara tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan masalah pemerintahan
C. presiden hanya sebagai lambang kesatuan dan pelaksanaan kepemerintahan dipimpin perdana menteri
D. penerapan Undang-Undang Sementara (UUDS) tahun 1950 masih tetap berlaku
27. Dalam pelaksanaan demokrasi terpimpin terjadi penyimpangan-penyimpangan yang tidak sesuai dengan konstitusi negara yaitu UUD 1945. Bentuk-bentuk penyimpangan tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
- A. Presiden membubarkan Dewan Permusyawaratan Rakyat (DPR) hasil Pemilu 1955 dan menggantinya dengan Dewan Permusyawaratan Rakyat Gotong Royong (DPR-GR)
B. Presiden menunjuk dan mengangkat langsung anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) yang seharusnya dipilih melalui pemilu
C. pengangkatan presiden seumur hidup yang seharusnya presiden dipilih setiap lima tahun sekali melalui pemilu
D. Presiden hanya sebagai lambang kesatuan saja seharusnya ikut bertanggungjawab atas kebijakan pemerintah sebagai kepala negara dan pemerintahan
28. Lahirnya Gerakan Non Blok merupakan kelanjutan terbentuknya ....
- A. Association South East Asian Nation
B. Perserikatan Bangsa Bangsa
C. Konferensi Asia Afrika
D. Masyarakat Ekonomi Eropa
29. Yang menjadi alasan dilaksanakannya Gerakan 30 September/PKI 1965 sebagaimana penjelasan pemimpin gerakan Letnan Kolonel Untung melalui siaran RRI Jakarta pada tanggal 1 Oktober 1965 adalah ....
- A. sebagai protes atas ketimpangan-ketimpangan yang terjadi pada pemerintahan Presiden Soekarno
B. untuk menertibkan anggota Dewan Jenderal yang akan melakukan kudeta terhadap pemerintah Presiden Soekarno
C. untuk meluruskan pelaksanaan kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan UUD tahun 1945
D. sebagai reaksi PKI terhadap petinggi TNI yang setengah hati membantu pemerintahan Soekarno untuk melawan Malaysia
30. Pada masa demokrasi terpimpin, pers Indonesia dikuasai surat kabar milik PKI. Berikut yang tidak termasuk surat kabar PKI adalah ....
- A. Duta Masjarakat
B. Harian Rakyat
C. Bintang Timur
D. Warta Bhakti
31. Berikut adalah isi Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura), kecuali ....
- A. Hapuskan praktik KKN
B. Bubarkan PKI
C. Bersihkan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur Gerakan 30 September
D. Turunkan Harga
32. Penggabungan partai-partai politik menjadi tiga kekuatan sosial politik pada masa Orde Baru didasarkan pada kesamaan ....
- A. ideologi
B. program
C. kekuasaan
D. jumlah partisan
33. Faktor penyebab teknologi industri dan pertanian lebih diarahkan ke bentuk padat karya daripada ke bentuk padat modal pada Masa Orde Baru adalah ....
- A. penggunaan mesin-mesin berteknologi tinggi dalam berbagai sektor dapat meningkatkan produksi
B. keahlian pekerja Indonesia masih terbatas sehingga dibutuhkan teknologi pengolahan sederhana
C. industri dan pertanian diharapkan dapat menyelesaikan masalah tingginya angka pengangguran
D. generasi muda sudah tidak tertarik bekerja sebagai petani dan lebih memilih bekerja di pabrik
34. Perhatikan ciri-ciri kehidupan bangsa Indonesia berikut ini!
- 1) Prioritas pembangunan pada sektor maritim dan infrastruktur
2) Tercapainya masyarakat madani terutama peran ormas dan pers
3) Kehidupan politik berbasis demokrasi dan penegakan hukum
4) Penerapan konsep dwi fungsi ABRI secara konsisten
5) Prioritas pada pembangunan pertanian sehingga berhasil melakukan swasembada pangan
6) Keberhasilan menyelenggarakan pemilu sebanyak enam kali
Yang mencerminkan ciri kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru adalah ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 4), dan 6)
D. 4), 5), dan 6)
35. Perhatikan pernyataan berikut!
- 1) Terpeliharanya demokrasi dengan sistem pemilu yang jujur dan adil
2) Penurunan angka kemiskinan dan kematian bayi
3) Peningkatan ekonomi dan pemerataan pembangunan di seluruh daerah Indonesia
4) Tercipta kesempatan belajar yang lebih luas dan didasarkan pada kebutuhan lapangan kerja
Pernyataan yang mencerminkan keberhasilan pemerintah Orde Baru adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4
36. Latar belakang lahirnya reformasi ditandai dengan krisis ekonomi dan politik pada akhir pemerintahan Orde Baru yang terjadi karena ....
- A. Pertumbuhan ekonomi tidak menunjukkan peningkatan, fundamental ekonomi rapuh
B. Terbentuknya mentalitas dan budaya korupsi, dan reaksi terhadap kekuasaan otoriter
C. Pembangunan politik tidak berlandaskan GBHN, parpol dikendalikan pemerintah
D. Faktor ketidakpercayaan para donatur dan kreditor terhadap pemerintah
37. Perhatikan gambar berikut!Gambar di atas merupakan aksi menuntut ....
A. reformasi
B. Tritura
C. pembubaran PKI
D. pembubaran RIS
38. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan kondisi ABRI pada masa Reformasi adalah ....
- A. ABRI berkonsentrasi pada fungsi pertahanan dan keamanan
B. ABRI terdiri atas empat angkatan yaitu AD, AL, AU, dan Polri
C. ABRI berubah nama menjadi TNI
D. penghapusan dwi fungsi ABRI
39. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
- A. Habibie - kebijakan mengurangi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM)
B. Abdurrahman Wahid - kebijakan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT)
C. Megawati Soekarnoputri - kebijakan privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
D. Susilo Bambang Yudoyono - kebijakan menjalin kerjasama dengan International Moneter Fund (IMF)
40. Upaya pemerintah melestarikan kebudayaan masyarakat Indonesia dilakukan dengan ....
- A. membiarkan klaim negara lain terhadap budaya nasional
B. memberikan kebebasan terhadap masuknya budaya asing
C. mendorong akulturasi dan asimilasi pada budaya daerah dan asing
D. mendaftarkan warisan budaya Indonesia ke UNESCO
C. Pedoman Penskoran
No. | Kunci | No. | Kunci |
1. | D | 21. | B |
2. | C | 22. | A |
3. | B | 23. | D |
4. | A | 24. | C |
5. | B | 25. | B |
6. | C | 26. | A |
7. | D | 27. | D |
8. | C | 28. | C |
9. | B | 29. | B |
10. | A | 30. | A |
11. | A | 31. | A |
12. | B | 32. | B |
13. | C | 33. | C |
14. | D | 34. | D |
15. | A | 35. | C |
16. | B | 36. | B |
17. | C | 37. | A |
18. | D | 38. | B |
19. | A | 39. | C |
20. | B | 40. | D |
D. Rumus Menghitung Nilai Peserta Didik
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 40 ) x 100 |
Itulah tadi perangkat penilaian harian II kelas 9 semester genap pada bab IV tentang "Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi", semoga ada manfaatnya.